23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

2.114 Jemaah Calon Haji Sultra Resmi Dilepas

  • Bagikan
2.114 Jemaah Calon Haji Sultra Resmi Dilepas
Foto bersama usai pelepasan Jemaah Calon Haji Sultra di aula Asrama Haji Sultra pada Selasa (28/5/2024). (Ismu/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Sebanyak 2.114 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2024 resmi dilepas oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto pada Selasa (20/5/2024).

Pelepasan dilakukan secara langsung di aula Asrama Haji Sultra dan secara virtual yang diikuti oleh JCH di seluruh kabupaten/kota yang ada dengan tema ‘Haji Ramah Lansia dan Berkeadilan, Mabrur, Sehat dan Barokah’.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Usai melepas, Andap berpesan kepada seluruh jemaah calon haji dan petugas haji untuk mendoakan Sultra agar senantiasa dalam keadaan aman, damai, kondusif, sejahtera, maju, dan modern.

“Insyaallah bebas dari bencana hidrometeorologi, seperti banjir, kekeringan ekstrem, dan kita semua senantiasa dalam perlindungan Allah SWT,” tutur Andap.

Ia juga harap doa untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sultra nantinya agar berjalan dengan aman, terhindar dari segala sesuatu yang tidak diharapkan.

Untuk para jemaah, ia berpesan agar menjaga kesehatan. Pasalnya, ibadah haji merupakan ibadah yang juga melibatkan fisik. Jemaah calon haji juga harus selalu menjaga kekompakan khususnya antarkelompok.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra, Muhamad Saleh melaporkan, keberangkatan calon jemaah haji tahun 2024 terbagi dalam 5 kloter terdiri dari kloter 28, kloter 29, kloter 31, kloter 33, dan kloter 35.

Kloter pertama dijadwalkan berangkat pada 30 Mei dan diterima di embarkasi Makassar pada 31 Mei dan akan berangkat ke Jeddah pada 1 Juni 2024. Kloter selanjutnya akan menyusul setelah pemberangkatan kloter pertama.

Kata dia, empat kloter dari Sultra yaitu kloter 28 hingga kloter 33 merupakan jemaah utuh dari Sultra. Sementara kloter 35 merupakan gabungan jemaah Sultra dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Untuk titik keberangkatan menuju embarkasi Makassar, jemaah haji Sultra akan berangkat melalui 3 titik. Masing-masing 12 kabupaten/kota melalui Bandara Haluoleo Kendari yaitu Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Timur, Kolaka, Wakatobi, Bombana, Buton Utara, Konawe Kepulauan, Muna, dan Muna Barat.

Empat kabupaten melalui Bandara Betoambari Baubau yakni Kota Baubau, Buton, Buton Selatan dan Buton Tengah. Serta satu kabupaten melalui pelabuhan Tobaku-Siwa yakni Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). (—-)

Kontributor: Ismu Samadhani

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan