24 May 2024
Indeks

Tahun Ini Sultra Bakal Berangkatkan 101 Calon Jemaah Haji Lansia

  • Bagikan
Tahun Ini Sultra Bakal Berangkatkan 101 Calon Jemaah Haji Lansia
Muhamad Saleh

SULTRATOP.COM, KENDARI – Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal memberangkatkan 101 calon jemaah haji lansia pada 2024.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra Muhamad Saleh mengatakan, jumlah jemaah haji di Sultra tahun 2024 sebanyak 2.114 orang yang tersebar di 5 kloter 17 kabupaten kota.

Iklan Astra Honda Sultratop

” Jemaah haji lansia kita beda dengan tahun lalu, tahun ini cuma 101 orang. Tapi dari 101 itu, di saat saya melakukan pemantauan monitoring pelaksanaan bimbingan manasik haji di tingkat kabupaten alhamdulillah mereka dalam kondisi sehat, bugar, dan masih fit,” ungkap Saleh di Kendari pada Kamis (2/5/2024).

Mantan Kabid Madrasah Kemenag Sultra itu mengatakan, pihaknya telah melaunching program senam haji sehat lansia di asrama haji tahun 2024. Ia menegaskan bahwa tetap ada skala prioritas bagi para jemaah haji lansia dalam proses pemberangkatannya.

Ia berharap para jemaah haji lansia bisa kuat melaksanakan ibadah haji hingga kembali ke daerah masing-masing nantinya.

Tahun Ini Sultra Bakal Berangkatkan 101 Calon Jemaah Haji Lansia
Marni

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sultra, Marni menambahkan, 2.114 calon jemaah haji Sultra tahun 2024 terdiri dari 1.997 orang jemaah reguler, 101 orang lansia, dan 16 orang PHD/KBIHU.

“Kuota tambahan dari 20 ribu yang diperjuangkan oleh Pak Presiden dan gusmen kemarin, kita kebagian 95 orang. Jadi digabung keseluruhan dengan kuota full sebanyak 2.019 orang menjadi 2.114 jemaah,” ungkap Marni.

Khusus untuk jemaah haji lansia, Marni menyebut bahwa jemaah tertua berusia 100 tahun yang berasal dari Kabupaten Kolaka. Kendati demikian, ia belum bisa menyebutkan data detailnya karena peserta yang berangkat belum ditetapkan.

“Jangan sampai ada pergantian karena kendala tertentu atau lainnya. Nanti kalau sudah ditetapkan peserta yang berangkat kita umumkan datanya,” tutur Marni. (—-)



google news sultratop.com
  • Bagikan