19 April 2024
Indeks

Enam Bakal Calon Gubernur Sultra telah Ambil Formulir Penjaringan di Demokrat

  • Bagikan
Koordinator Panitia Pengarahan Penjaringan Partai Demokrat, S Budhi Prasodjo (kiri) saat memberikan pernyataan tentang bakal calon gubernur yang telah mengambil formulir di Demokrat.(Ismu/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Sebanyak enam bakal calon gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengambil formulir penjaringan di Partai Demokrat per 30 Maret 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Koordinator Panitia Pengarahan Penjaringan Partai Demokrat, S. Budhi Prasodjo di Kendari pada Sabtu (30/3/2024). Kata dia, jumlah calon yang mengambil formulir tersebut terhitung sejak tahap penjaringan dibuka pada 28 Maret 2024.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Hari pertama itu Ruksamin, kemudian disusul sama Bahtiar, ASR, kemudian hari ini itu 3 yang mendaftar yaitu Lukman Abunawas, Ibu Tina sama Umar Bonte,” ungkap Budhi.

Hal tersebut dikatakannya sebagai instruksi dari DPP Demokrat bahwa disampaikan kepada pengurus daerah maupun pengurus cabang untuk membuka pendaftaran calon kepala daerah baik gubernur ataupun bupati.

Pendaftaran tersebut akan dibuka sejak 28 Maret hingga 4 April 2024. Tidak ada pembatasan dalam penjaringan, siapa saja bisa mengambil formulir pendaftaran termasuk calon dari Partai Demokrat itu sendiri.

“Walaupun dia kader tapi tidak lewat proses ini dipastikan tidak akan mendapatkan rekomendasi. Karena ada tahapan penyampaian visi-misi,” tambah Budhi.

Untuk persyaratannya yang paling utama adalah membawa survei dan membawa teman koalisi partai lain yang harus memiliki kursi, mengingat Demokrat hanya memiliki 4 kursi di DPRD Sultra.

Setelah melewati proses tersebut akan dilakukan pleno untuk memutuskan calon yang bakal diusung ke majelis tinggi. Budhi belum memastikan berapa nama yang bakal diusung, namun belajar dari 5 tahun lalu ada empat calon yang diusung pada proses itu. (—–)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan