18 April 2024
Indeks

BMKG Prediksi Pasang Air Laut di 11 Wilayah Pesisir Sultra hingga 1,9 Meter

  • Bagikan
Salah satu jembatan penghubung rumah warga yang terendam air laut. (Foto: Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pasang air laut di 11 wilayah pesisir di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 9 hingga 14 April 2024 mencapai 1,9 meter.

Hal tersebut diketahui berdasarkan informasi tertulis Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Sugeng pada Rabu (3/4/2024) berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Potensi pasang maksimum ini terjadi satu kali dalam satu hari pasang surut dan waktu pasang mulai terjadi pada siang hingga sore hari dengan tinggi pasang maksimum di atas 1,9 meter pada tanggal 9 hingga 14 April 2024,” ungkap Sugeng.

Adapun 11 wilayah pesisir yang dimaksud yaitu pesisir Konawe Utara (Konut), Konawe, Kendari, Konawe Kepulauan (Konkep), Konawe Selatan (Konsel), Bombana, Buton Utara (Butur), Buton, Buton Selatan (Busel), Baubau, dan pesisir Wakatobi.

Kata Sugeng, secara umum kejadian tersebut akan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk menghadapi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari atau menghubungi nomor operasional 08114005929.

Pihak BMKG juga memberikan warning kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melalui surat yang ditujukan kepada Kepala BPBD Sultra dengan tembusan Pj Gubernur Sultra, Kepala BPBD kabupaten/kota, serta Kadis Kelautan dan Perikanan kabupaten/kota di Sultra untuk dapat melakukan antisipasi terhadap dampak yang bisa ditimbulkan dari pasang air laut tersebut. (===)

 

Kontributor: Ismu Samadhani

  • Bagikan