19 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

BKSDA Sultra Amankan Buaya Berukuran Hampir 4 Meter, Ditemukan Lemas Usai Berkelahi dengan Sesamanya di Sungai Lambiku

  • Bagikan
BKSDA Sultra Amankan Buaya Berukuran Hampir 4 Meter, Ditemukan Lemas Usai Berkelahi dengan Sesamanya di Sungai Lambiku

SULTRATOP.COM, KENDARI – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengamankan buaya berukuran 3,86 meter yang ditemukan di Desa Lambiku, Kecamatan Napabalano, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Minggu malam (3/3/2024).

Kepala BKSDA Sultra Sakrianto Djawie mengatakan, hasil temuan tim Pos KSDA Tampo, La Rewangi, buaya tersebut memiliki ukuran panjang 3,86 meter dan lebar 60 cm.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Kondisi buaya saat ditemukan sudah mati akibat lemas dan berkelahi sesama buaya,” ungkapnya dalam keterangan resminya.

Kata Sakrianto, berdasarkan informasi yang didapatkan dari salah seorang warga setempat, Fujing, ia melihat buaya berkelahi sesama buaya. Salah satu buaya kembali ke Sungai Lambiku, sementara kondisi satu buaya lainnya luka di bagian mulut dan lemas.

Kemudian masyarakat Lambiku berinisiatif untuk menangkap buaya yang lemas tersebut untuk dibawa ke darat dengan menggunakan jaring agar tidak membahayakan warga. Namun, kondisi buaya sudah lemas dan tidak lama kemudian buaya tersebut dinyatakan telah mati.

Kata Sakrianto, tim pos KSDA Tampo telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Lambiku dan mengamankan posisi buaya yang sudah mati dari kerumunan warga dengan memindahkan ke tempat lain untuk persiapan ditanam karena posisi satwa berada di pinggir jalan raya.

“Petugas KSDA Tampo juga akan membuat berita acara kematian satwa,” tuturnya. (—–)

Kontributor: M1
Editor: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan