26 May 2024
Indeks

Berasal dari Polandia, Wasit Szymon Marciniak Pimpin Laga Final Argentina Vs Prancis

  • Bagikan
Szymon Marciniak

SULTRATOP.COM – Wasit asal Polandia Szymon Marciniak bakal memimpin laga final Piala Dunia 2022 antara Argentina Vs Prancis di Stadion Lusail, Minggu 18 Desember 2022.

Marciniak (41) menjadi wasit FIFA sejak 2011. Pertandingan pada babak final itu akan menjadi pertandingan ketiganya di Piala Dunia Qatar.

Iklan Astra Honda Sultratop

Sebelumnya, Marciniak memimpin laga Prancis vs Denmark pada babak penyisihan grup yang dimenangkan oleh Prancis dengan skor 2-1 dan pertandingan babak 16 besar antara Argentina vs Australia dengan skor 2-1 untuk kemenangan Tim Tango.

“Menjadi wasit di final piala dunia sungguh sulit dipercaya. Saya sangat bangga dengan diri saya dan tim saya. Ini adalah tim yang hebat,” kata Marciniak seperti dilansir fifa.com, Jumat (16/12/2022).

Tim yang dimaksud mengacu pada asisten wasitnya pada Minggu nanti, yakni Paweł Sokolnick dan Tomasz Listkiewicz.

Bagi Marciniak, yang baru-baru ini mengalami masalah kesehatan, penunjukan dirinya sebagai wasit di partai puncak Piala Dunia 2022 seperti titik balik dalam kariernya.

Selama satu setengah tahun, Marciniak menderita takikardia (denyut jantung di atas normal) yang membuatnya harus berhenti menjadi wasit.

“Bagi seorang wasit, yang berada di usia terbaiknya, itu adalah perasaan yang buruk. Hanya saya dan tim yang tahu betapa sulitnya waktu itu bagi saya. Sekarang, saya bahkan tidak bisa berhenti tersenyum karena itu perasaan yang luar biasa,” akunya.

Marciniak sudah dua kali menjadi wasit di Piala Dunia. Sebelumnya ia sudah tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Tertarik Jadi Wasit Usai Diganjar Kartu Merah

Sebelum menjadi wasit, Marciniak dulunya pesepak bola yang bermain untuk kampung halamannya, Wisla Plock. Ia memutuskan menjadi wasit karena terinspirasi oleh ucapan wasit yang memberinya kartu merah.

“Kami berbicara setelah pertandingan, dan dia memberi tahu saya kalimat yang sangat penting, ‘jika menurut kamu ini pekerjaan mudah, pergi dan coba. Kamu akan lihat’,” kata Marciniak menirukan ucapan sang wasit.

Ia pun tertarik menjadi wasit. Ia segera mengikuti kursus dan mulai menjadi wasit. “Saya berterima kasih padanya karena jika bukan karena kartu merah itu, saya mungkin tidak akan pernah menjadi wasit,” ucapnya.

Sementara Abdulrahman Al-Jassim dari Qatar akan menjadi wasit pertandingan perebutan tempat ketiga antara Kroasia dan Maroko. Pria berusia 35 tahun itu telah menjadi wasit FIFA sejak 2013. Pada Piala Dunia 2022 ini, ia memimpin pertandingan penyisihan grup antara AS vs Wales.

Prestasi utamanya termasuk menjadi wasit final Piala Dunia Klub FIFA 2019 antara Liverpool dan Flamengo, serta menjadi salah satu Asisten Wasit Video selama Piala Dunia 2018 Rusia. (–)

Sumber: fifa.com



google news sultratop.com
  • Bagikan