21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

7 Prestasi Kylian Mbappe, Penyerang Prancis yang Cetak Hattrick di Final Piala Dunia 2022

  • Bagikan
7 Prestasi Kylian Mbappe, Penyerang Prancis yang Cetak Hattrick di Final Piala Dunia 2022
Kylian Mbappe meraih gelar sepatu emas atau top skor di Piala Dunia 2022 usai mengoleksi total delapan gol. (Foto: FIFA)

SULTRATOP.COM – Penyerang Prancis Kylian Mbappe tampil cemerlang dalam laga final antara Les Bleus melawan Argentina di Stadion Lusail, Qatar pada 18 Desember 2022.

Meski kalah 2-4 dari Argentina lewat adu penalti, namun Kylian Mbappe sukses mencuri perhatian di final Piala Dunia 2022 dengan mencetak hattrick.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Mbappe kini menjadi orang kedua yang mencetak hattrick final Piala Dunia setelah pemain Inggris Geoff Hurst pada 1966.

Tiga gol di final itu juga membuat Kylian Mbappe mengoleksi total delapan gol di Piala Dunia 2022, mengalahkan Lionel Messi yang mencetak tujuh gol.

Tak hanya berhak membawa pulang trofi sepatu emas alias top skor, delapan gol Kylian Mbappe itu juga menjadikannya top skor pertama yang mengoleksi lebih dari tujuh gol di Piala Dunia sejak Ronaldo di Piala Dunia 2002.

7 Prestasi Kylian Mbappe, Penyerang Prancis yang Cetak Hattrick di Final Piala Dunia 2022

Meski usianya baru genap 24 tahun pada 20 Desember 2022, Mbappe telah menorehkan berbagai prestasi. Ia pun digadang-gadang menjadi masa depan sepak bola Prancis.

Lantas apa saja prestasi Mbappe sebelum Piala Dunia 2022? Berikut rangkumannya.

1. Kylian Mbappe melakukan debutnya bersama tim senior Monaco pada 2015 melawan SM Caen. Ia debut di usia 16 tahun dan memecahkan rekor Thierry Henry menjadi pemain tim pertama termuda Monaco. Kylian Mbappe mencetak gol pertamanya untuk Monaco pada 20 Februari 2016 di usia 17 tahun dan menjadi pencetak gol termuda untuk Monaco.

2. Pada 14 Desember 2016, Kylian Mbappe mencetak hattrick pertamanya untuk tim utama Monaco dalam pertandingan melawan Stade Rennais di Coupe de la Ligue. Itu adalah hattrick pertama yang dicetak oleh pemain Monaco di kompetisi tersebut sejak Sonny Anderson pada 1997.

3. Pada 11 Februari 2017, Kylian Mbappe mencetak hattrick pertamanya di Liga Prancis, Ligue 1, membantu Monaco menang melawan Football Club de Metz. Ia pun menjadi pemain termuda yang mencetak hattrick di Ligue 1 sejak Jeremy Menez pada 2005.

4. Kylian Mbappe mencetak gol untuk Monaco dengan tendangan setengah voli melawan Manchester City dan menjadi pencetak gol Prancis termuda kedua dalam sejarah Liga Champions UEFA di belakang Karim Benzema .

5. Pada 8 September 2017, Kylian Mbappe pindah ke Paris Saint Germain (PSG) dengan status pinjaman dari Monaco. Ia menjadi pemain termahal kedua yang ditransfer PSG setelah Neymar.

7 Prestasi Kylian Mbappe, Penyerang Prancis yang Cetak Hattrick di Final Piala Dunia 2022
Kylian Mbappe melakukan selebrasi usai mencetak hattrick di final Piala Dunia 2022. (Foto: FIFA)

6. Kylian Mbappe membela Timnas Prancis pada 2017 untuk kualifikasi Piala Dunia 2018, menjadikannya pemain termuda kedua setelah Maryan Wisnieski yang tampil di tim nasional Prancis pada usia 18 tahun.

7. Pada 30 Juni 2018, dia memenangkan penghargaan Man of the Match dalam laga Prancis vs Argentina di Piala Dunia 2018.
Selama pertandingan, ia menjadi remaja kedua setelah Pele yang mencetak dua gol dalam pertandingan Piala Dunia. (—)

Sumber: Sportskeeda, Thefamouspeople

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan