16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

Aktor Korea yang Mendirikan Agensi Sendiri, Terbaru Ada Ji Chang Wook

  • Bagikan

SULTRATOP.COM – Deretan aktor Korea ini mendirikan agensi sendiri usai hengkang dari agensi yang menaunginya. Terbaru ada aktor tampan Ji Chang Wook.

Pada 14 Maret 2023, media Star News memberitakan Ji Chang Wook tengah menyiapkan agensi sendiri bersama seorang manajer yang telah bekerja dengannya selama lebih dari sepuluh tahun.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Sebelumnya, Ji Chang-wook memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak eksklusifnya dengan Glorious Entertainment yang telah berakhir pada 7 Maret lalu.

Kabar Ji Chang Wook dirikan agensi sendiri ini menambah daftar aktor Korea yang sudah lebih dulu mendirikan agensi sendiri. Siapa saja? Yuk cari tahu di bawah ini!

Kim Nam Gil

Deretan Aktor Korea yang Dirikan Agensi Sendiri, Terbaru Ada Ji Chang Wook
Kim Nam Gil (Foto: IG gilstory_ent)

Aktor Kim Nam Gil resmi mendirikan agensinya sendiri bernama Gilstory ENT bersama dengan kepala perusahaan produksi Sanai Picture, Han Jae Deok pada Februari 2021

Seperti agensi hiburan lainnya, Gilstory ENT akan melakukan tugas-tugas seperti merekrut dan membina artis, mendukung aktivitas mereka dalam proyek, manajemen reputasi dan risiko, serta manajemen keuangan.

Ke depan, perusahaan ini berencana untuk tumbuh menjadi bisnis hiburan yang mencakup manajemen, produksi konten, dan bisnis IP. Kim Nam Gil berkata agensinya itu juga secara bertahap akan merekrut artis dari berbagai bidang untuk memperluas manajemen perusahaan.

Hyun Bin

Deretan Aktor Korea yang Dirikan Agensi Sendiri, Terbaru Ada Ji Chang Wook
Hyun Bin (Foto: IG vast.ent)

Aktor Hyun Bin mendirikan agensinya sendiri bernama Vast Entertainment bersama dengan mentornya CEO Kang Kun Taek pada 2016.

Salah satu aktor yang pernah bernaung di Vast Entertainment adalah bintang Alchemy of Souls, Lee Jae Wook. Hyun Bin dan Lee Jae Wook sama-sama membintangi drama Memories of the Alhambra.

Tiga tahun kemudian, tepatnya Oktober 2019 Kakao M resmi mengakuisisi Vast Entertainment.

Selain menaungi Hyun Bin, Vast Entertainment juga menaungi sederet bintang lainnya, di antaranya aktris Stephanie Lee dan Lee Yeon Hee.

So Ji Sub

Deretan Aktor Korea yang Dirikan Agensi Sendiri, Terbaru Ada Ji Chang Wook
So Ji Sub (Foto: IG 51k_official)

Pada Oktober 2011, So Ji Sub memutuskan untuk mendirikan agensinya sendiri bernama 51K. Awalnya agensi ini hanya untuk dirinya sendiri. Ia tidak memiliki rencana untuk merekrut aktor junior ke dalam agensinya.

Namun belakangan sepertinya sang aktor berubah pikiran. Terbukti dua aktor-idol berbakat saat ini tengah bernaung di agensinya, Taecyeon 2PM dan Cha Hak Yeon atau lebih dikenal dengan sebutan N VIXX.

Lee Je Hoon

Deretan Aktor Korea yang Dirikan Agensi Sendiri, Terbaru Ada Ji Chang Wook
Lee Je Hoon (Foto: companyon_official)

Bintang drama Taxi Driver ini mendirikan agensi hiburannya sendiri bernama COMPANY ON pada Juni 2021 lalu.

Melansir Soompi, nama COMPANY ON berarti karakter “on” untuk kehangatan, karakter “on” untuk keutuhan, dan kata “on” dalam bahasa Inggris (seperti pada tombol on/off).

Pengucapan COMPANY ON sendiri mirip dengan kata bahasa Inggris “companion” yang dimaksudkan untuk menandakan bahwa ini adalah tempat di mana orang-orang dengan panjang gelombang yang sama dapat berkumpul.

Lee Jong Suk

Deretan Aktor Korea yang Dirikan Agensi Sendiri, Terbaru Ada Ji Chang Wook
Lee Jong Suk (Foto: highziumstudio)

Usai hengkang dari YG Entertainment, Lee Jong Suk bermitra dengan YNK Entertainment dan mendirikan agensi sendiri bernama A-MAN Project pada 2018 untuk aktivitas domestiknya. Namun, enam bulan kemudian, Lee Jong Suk mengundurkan diri sebagai direktur eksekutif.

Pada April 2022, A-Man Project merger dengan agensi HiSTORY D&C yang menaungi Song Joong Ki dan berganti nama menjadi High Zium Studio.

Selain Lee Jong Suk dan Song Joong Ki, High Zium Studio menaungi sederet selebritas papan atas Korea seperti Kim Ji Won, Geum Sae Rok, dan Seo Eun Soo.

Bae Yong Joon

Deretan Aktor Korea yang Dirikan Agensi Sendiri, Terbaru Ada Ji Chang Wook
Bae Yong Joon (Foto: IG yongjoon_bae)

Keyeast Entertainment, agensi yang menaungi beberapa bintang besar seperti Hwang In Yeop, Moon Ga Young, Woo Do Hwan, Kim Dong Wook, dan Kang Han Na sebenarnya didirikan oleh aktor Winter Sonata, Bae Young Joon.

Eksekutif Keyeast sebagian besar adalah mantan manajer Yong Joon yang telah bekerja dengannya selama lebih dari satu dekade.

Pada tahun 2018, agensi K-Pop, SM Entertainment mengakuisisi Keyeast Entertainment.

Jung Woo Sung

Jung Woo Sung (Foto: IG artistcompanyofficial)

Aktor Jung Woo Sung bersama sang sahabat yang juga sesama aktor Lee Jung Jae mendirikan agensi sendiri bernama Artist Company pada 2016.

Namun, pada Desember 2017, Jung Woo Sung mengundurkan diri dari posisi CEO untuk fokus pada akting.

Artist Company saat ini rumah bagi sederet selebritas, di antaranya Lee Jung Jae, Jung Woo Sung, Go Ara, Park Hae Jin, Park So Dam, Kim Ye Won, dan Lim Ji Yeon.

Lee Byung Hun

Lee Byung Hun (Foto: IG byunghun0712

Aktor Lee Byung Hun termasuk salah satu aktor yang paling sukses sebagai bos agensi artis. Ia mendirikan BH Entertainment pada 2006.

BH Entertainment juga menjadi salah satu rumah produksi di balik serial Netflix, Money Heist: Korea – Joint Economic Area.

BH Entertainment menaungi sejumlah aktor dan aktris berbakat. Untuk aktor ada Go Soo, Jin Goo, Jinyoung GOT7, Park Hae Soo, dan Lee Je Hoon.

Sementara aktris yang berada di bawah payung agensi ini antara lain Han Hyo Joo, Han Ji Min, Kim Go Eun, Park Bo Young, Lee Ji Ah, dan Han Ga In. (—)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan