15 July 2024
Indeks

HYBE Resmi Jadi Pemegang Saham Terbesar SM Entertainment

  • Bagikan
HYBE SM Entertainment
HYBE kini resmi jadi pemegang saham terbesar di SM Entertainment. (Foto: Soompi)

SULTRATOP.COM – HYBE kini resmi jadi pemegang saham terbesar di SM Entertainment!

HYBE telah menandatangani kesepakatan dengan pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man yang akan menjadikannya pemegang saham terbesar perusahaan tersebut.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Melansir laman Soompi, pada 10 Februari, HYBE secara resmi mengakuisisi 14,8 persen saham SM Entertainment dari Lee Soo Man seharga 422,8 miliar won atau sekitar 5 triliun rupiah.

Sebelum kesepakatan, Lee Soo Man memiliki 18,46 persen saham di SM Entertainment, menjadikannya pemegang saham utama perusahaan.

Awal pekan ini, Kakao menjadi pemegang saham terbesar kedua setelah mengakuisisi 9,05 persen saham di perusahaan.

Namun, Lee Soo Man mengecam langkah akuisisi tersebut sebagai ilegal dan mengambil tindakan hukum.

Pekan lalu, CEO SM Entertainment saat ini, Lee Sung Soo yang juga keponakan Lee Soo Man, dan COO Tak Young Jun mengumumkan visi mereka untuk “SM 3.0” yang baru direstrukturisasi.

Langkah tersebut akhirnya melibatkan pemutusan hubungan dengan produser lama SM Entertainment yaitu Lee Soo Man.

Beberapa hari kemudian, Kakao mengakuisisi saham SM Entertainment.

Lee Soo Man kemudian terbang kembali ke Korea dan menyatakan bahwa dia akan mengambil tindakan hukum terhadap SM Entertainment karena melanggar Undang-Undang Komersial.

Lee Soo Man menganggap SM Entertainment secara ilegal menerbitkan saham baru perusahaan dan obligasi konversi tanpa persetujuan dari pemegang saham utama (Lee Soo Man) selama sengketa manajemen.

Di luar kesepakatannya dengan Lee Soo Man, HYBE juga telah mengumumkan rencananya untuk mengakuisisi saham tambahan SM Entertainment dari pemegang saham minoritas, yang selanjutnya akan meningkatkan kepemilikannya di perusahaan tersebut.

SM Entertainment saat ini menaungi banyak artis K-pop seperti TVXQ, Super Junior, BoA, Girls Generation, SHINee, Exo, NCT, Red Velvet, dan Aespa.

Sementara HYBE juga menaungi sejumlah idol papan atas, di antaranya BTS dan TXT. (—-)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan