14 July 2024
Indeks

10 Bandara Terbesar di Dunia, Salah Satunya di Asia Tenggara

  • Bagikan
Bandara terbesar di dunia pastinya memiliki bangunan fisik yang begitu luas dan mampu menampung banyak orang di dalamnya. (Gambar: Pexels)

SULTRATOP.COM – Sepuluh bandara terbesar di dunia ini pastinya memiliki bangunan fisik yang begitu luas dan mampu menampung banyak orang di dalamnya.

Bandara menjadi hal penting bagi suatu negara atau wilayah karena bisa memberikan informasi seberapa banyak negara tersebut dikunjungi atau seberapa besar nilainya di tingkat internasional.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Berikut 10 bandara terbesar di dunia melansir dari laman Luxatic.

1. King Fahd International Airport (DMM)

King Fahd International Airport memiliki luas kurang lebih 776 kilometer persegi atau 299,6 mil persegi menjadikannya bandara terbesar di dunia. (Gambar: skytraxrating.com)

Bandara terbesar di dunia jatuh pada King Fahd International Airport yang terletak di Dammam, Arab Saudi.

Bandara yang diresmikan pada 1999 ini memiliki luas kurang lebih 776 kilometer persegi atau 299,6 mil persegi.

Bangunan King Fahd International Airport berdiri di atas tanah bekas pangkalan udara Amerika Serikat selama Perang Teluk.

Nama bandara ini sendiri berasal dari nama mantan Raja Arab Saudi, Fahd Ibn Abdulaziz.

Meski menjadi bandara terbesar di dunia, King Fahd International Airport hanya melayani penerbangan ke 43 destinasi di dunia dengan 10 juta penumpang per tahun.

2. Denver International Airport (DEN)

Denver International Airport (DEN) memiliki luas 135,7 kilometer persegi atau 52,4 mil persegi sehingga menjadikannya bandara terbesar di Amerika Serikat. (Gambar: architonic.com)

Denver International Airport (DEN) memiliki luas 135,7 kilometer persegi atau 52,4 mil persegi sehingga menjadikannya bandara terbesar di Amerika Serikat.

Satu fakta menarik dari bandara ini adalah memiliki landasan pacu publik terpanjang di seluruh Amerika Utara, dengan panjang lebih dari 3 mil.

Bandara ini memiliki penerbangan ke 215 destinasi di seluruh dunia. Untuk bepergian di dalam bandara, Anda harus menggunakan sistem kereta otomatis.

3. Dallas/Fort Worth International Airport (DFW)

Bandara Internasional Dallas/Fort Worth terletak di antara Kota Dallas dan Fort Worth di Texas. Luasnya mencapai 69,6 kilometer persegi. (Gambar: airlines-airport.com)

Bandara Internasional Dallas/Fort Worth terletak di antara Kota Dallas dan Fort Worth di Texas. Luasnya mencapai 69,6 kilometer persegi atau 26,9 mil persegi.

Bandara ini mulai beroperasi pada 1973 dan menjadi bandara tersibuk ke-4 di dunia dengan lebih dari 75 juta penumpang melewatinya pada 2019.

Angka tersebut menurun menjadi 62,4 juta pada 2021. Kini Dallas/Fort Worth International Airport menjadi bandara tersibuk ke-2 di dunia.

4. Orlando International Airport (MCO)

Bandara terluas keempat di dunia adalah Orlando International Airport dengan luas 69,6 kilometer persegi. (Gambar: skytraxrating.com)

Bandara terluas keempat di dunia adalah Orlando International Airport yang berbasis di Orlando, Florida.

Bandara ini membentang seluas 69,6 kilometer persegi atau 19,7 mil persegi.

Sekitar 50 juta orang melewati bandara ini setiap tahunnya dan menawarkan lebih dari 135 destinasi, baik di Amerika Serikat maupun internasional.

Bandara ini juga memiliki 50 restoran dan 60 toko di dalamnya.

5. Washington Dulles International Airport (IAD)

Bandara ini memiliki luas 52,6 kilometer persegi atau 20,3 mil persegi dan memiliki sekitar 60 ribu penumpang setiap hari. (Gambar: archdaily.com)

Nama bandara ini berasal dari nama Menteri Luar Negeri AS ke-52, John Foster Dulles dan mulai beroperasi pada 1962.

Bandara ini memiliki luas 52,6 kilometer persegi atau 20,3 mil persegi dan memiliki sekitar 60 ribu penumpang setiap hari yang terbang ke lebih dari 125 tujuan di seluruh dunia.

6. Beijing Daxing International Airport (PKX)

Beijing Daxing International Airport memiliki luas 46,6 kilometer persegi atau 18 mil persegi. Bandara ini juga dianggap ramah lingkungan. (Gambar: CNN)

Bandara Beijing Daxing International Airport memiliki julukan The Starfish karena bentuk bangunan terminal bandaranya yang mengagumkan.

Beijing Daxing International Airport memiliki luas 46,6 kilometer persegi atau 18 mil persegi.

Bandara ini beroperasi pada 2019 dan akan menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia jika bukan karena pandemi. Saat ini bandara internasional kedua Beijing ini melayani penerbangan ke lebih dari 120 tujuan di dunia.

Selain itu, Beijing Daxing International Airport dianggap ramah lingkungan karena menampilkan sistem pengelolaan air, panel surya, dan sistem pemulihan limbah panas, sehingga membatasi dampak bandara terhadap lingkungan.

7. George Bush Intercontinental Airport (IAH)

George Bush Intercontinental Airport memiliki 5 landasan pacu operasional dan mencakup 40,5 kilometer persegi atau 16 mil persegi. (Gambar: skytraxrating.com)

Awalnya bandara ini bernama The Houston Intercontinental Airport dan beroperasi pada 1969. Namanya kemudian diganti setelah presiden ke-41 Amerika Serikat, George HW Bush pada 1997.

Bandara yang berbasis di Texas ini memiliki 5 landasan pacu operasional dan mencakup 40,5 kilometer persegi atau 16 mil persegi. Setiap tahun, ada sekitar 45 juta penumpang bepergian melalui Bandara Intercontinental George Bush.

8. Shanghai Pudong International Airport (PVG)

Shanghai Pudong International Airport adalah bandara terbesar kedua di China dan salah satu dari dua bandara utama di Shanghai. (Gambar: Getty Images)

Shanghai Pudong International Airport adalah bandara terbesar kedua di Cina dan salah satu dari dua bandara utama di Shanghai.

Dalam hal jumlah penumpang, bandara ini adalah pintu gerbang internasional tersibuk di Cina, dengan 35 juta penumpang melewatinya setiap tahun.

Bandara ini memiliki 6 landasan pacu dan 3 terminal penumpang dengan luas keseluruhan 40 kilometer persegi atau 15,4 mil persegi.

9. Cairo International Airport (CAI)

Cairo International Airport memiliki luas 37 kilometer persegi, atau 14,3 mil persegi dan menjadi bandara tersibuk kedua di Benua Afrika. (Gambar: skytraxrating.com)

Bandara utama Mesir ini memiliki luas 37 kilometer persegi, atau 14,3 mil persegi. Bandara ini memiliki 3 terminal utama dan menjadi bandara tersibuk kedua di Benua Afrika.

10. Bandara Suvarnabhumi (BKK)

Bandara Suvarnabhumi yang berada di Bangkok, Thailand ini berada di peringkat 10 bandara terbesar di dunia dengan luas 32,4 kilometer persegi atau 12,5 mil persegi. (Gambar: Pexels)

Berbasis di Bangkok, Thailand, Bandara Suvarnabhumi masuk peringkat 10 besar bandara terbesar di dunia dengan luas 32,4 kilometer persegi atau 12,5 mil persegi.

Bandara yang beroperasi kembali pada 2006 ini merupakan bandara terbesar di Asia Tenggara dan rumah bagi 95 maskapai penerbangan yang beroperasi dari sana.

Nama bandara ini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “tanah emas”.

Nah, itulah 10 bandara terbesar di dunia. Apakah kalian sudah pernah mengunjungi salah satu di antaranya? (—)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan