16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

10 Negara Terkecil di Dunia, Ada yang Tak Punya Rumah Sakit

  • Bagikan
10 Negara Terkecil di Dunia

SULTRATOP.COM – Negara-negara terkecil di dunia dapat diurutkan menurut yang memiliki luas wilayah terkecil atau populasi terkecil.

Luas total suatu negara mengacu pada berapa banyak wilayah (baik tanah maupun air) yang dicakup oleh perbatasan negara. Sering dilambangkan dengan mil kuadrat (mi²) atau kilometer kuadrat (km²).

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Beberapa negara terbesar secara global adalah Rusia (6,59 juta mil persegi atau 17,1 juta km persegi), Kanada (3,85 juta mil persegi atau 9,9 juta km persegi), dan Cina (3,75 juta mil persegi atau 9,5 juta km persegi). Namun, ada juga negara yang memiliki luas wilayah terkecil.

Berbeda dengan jumlah penduduk, luas wilayah suatu negara biasanya tidak berubah dari satu tahun ke tahun berikutnya.

Berikut 10 negara terkecil di dunia berdasarkan luas total wilayahnya.

Kota Vatikan

Negara dengan wilayah terkecil di dunia adalah Kota Vatikan. Pusat agama Katolik ini memiliki luas hanya 0,19 mil persegi atau 0,49 km persegi.

Tak hanya terkecil dari segi wilayah, Vatikan juga masuk kategori negara terkecil dari segi populasi. Berdasarkan perkiraan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), populasi Vatikan pada 2022 berjumlah 799 jiwa.

Vatikan terbilang unik karena terletak di Italia, tepatnya di Roma. Dengan kata lain, Vatikan adalah negara di dalam negara.

Lapangan Santo Petrus di Vatikan. (Sumber: Pexels)

Keunikan lainnya Vatikan tidak memiliki rumah sakit, apalagi ruang bersalin. Artinya tidak ada yang bisa menjadi warga negara Vatikan sejak lahir.

Kewarganegaraan di Vatikan tidak diperoleh berdasarkan kelahiran, melainkan berdasarkan pekerjaan dan atas persetujuan kepausan. Itulah sebabnya penduduk Vatikan mayoritas pendeta dan biarawati dari seluruh dunia, termasuk keluarga dan kerabat mereka. Saat ini, pemegang kedaulatan di Vatikan adalah Paus Fransiskus.

Vatikan memiliki beberapa bangunan terkenal, seperti Kapel Sistina, Basilika Santo Petrus, dan Lapangan Santo Petrus. Lapangan Santo Petrus dapat menampung 80 ribu orang, sebagian besar adalah peziarah yang ingin mendengar Paus berbicara.

Monako

Monako adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Barat. Monako memiliki luas wilayah 2 km persegi atau 0,78 mil persegi.

Meskipun ukurannya kecil, Monako memiliki total populasi sebanyak 39.684 jiwa (2022), menjadikannya negara berpenduduk terpadat di dunia.

Wilayah administrasi terbesar di Monako berdasarkan jumlah penduduk adalah Monte Carlo. Kawasan Monte Carlo dikenal di seluruh dunia karena undang-undang pajak dan populasinya yang kaya. Sekitar 30 persen orang di Monte Carlo adalah jutawan.

Pemandangan Monako (Gambar: Pixabay)

Monako memiliki PDB nominal per kapita tertinggi kedua di dunia. Negara ini juga memiliki tingkat pengangguran yang sangat rendah, karena banyak orang Monegasque (orang yang lahir di Monako) pergi ke Prancis dan Italia untuk bekerja.

Monako memiliki tingkat kemiskinan terendah di dunia. Negara ini memiliki miliarder dan jutawan per kapita terbanyak. Beberapa rumah termahal di dunia juga ada di sini.

Monako memiliki ekonomi yang kuat karena pariwisata, terutama pertunjukan kapal pesiar tahunan, layanan perbankan, dan industri perjudian.

Nauru

Negara Nauru adalah sebuah pulau yang terletak di Mikronesia. Negara ini dahulu dikenal sebagai Pleasant Island, terletak di Pasifik Tengah dan berjarak sekitar 190 mil dari tetangga terdekatnya, Pulau Banaba Kiribati.

Nauru memiliki luas wilayah lebih dari 8 mil persegi atau 20 km persegi, menjadikannya negara terkecil ketiga di dunia.

Populasi Nauru juga terbilang kecil. Hanya 11.232 jiwa (2022). Meskipun populasinya kecil, Nauru adalah negara terpadat di kawasan Oseania.

Pemandangan di Nauru (Gambar: Getty Images)

Nauru tidak memiliki ibu kota dan tidak ada pusat kota yang terdefinisi dengan baik, meskipun pemerintahannya terletak di distrik yang dikenal sebagai Yaren.

Kota terbesar Nauru adalah Denigomodu. Sekitar 25 persen populasi tinggal di distrik ini. Populasi telah menurun dalam beberapa tahun terakhir setelah 1.500 penduduk meninggalkan pulau itu menyusul repatriasi pekerja imigran.

Nauru sebenarnya memiliki jalur subur tunggal yang menawarkan peluang pertanian. Sayangnya, 80 persen tanah telah dirusak oleh penambangan fosfat.

Tuvalu

Tuvalu adalah negara kepulauan yang terdiri dari tiga pulau karang dan enam atol. Negara yang terletak di Samudera Pasifik ini juga bagian dari Oseania dan terletak antara Australia dan Hawaii.

Pemandangan Tuvalu dari atas. (Gambar: Getty Images)

Total luas Tuvalu sekitar 11 mil persegi atau 30 km persegi. Populasi negara ini berjumlah 11.722 jiwa (2022). Populasi Tuvalu tumbuh dengan lambat tapi stabil sejak awal 2000-an.

Namun yang mengkhawatirkan, negara beribukota Funafuti ini terancam tenggelam. Letaknya yang tidak terlalu tinggi di atas permukaan laut membuat Tuvalu sangat sensitif terhadap naiknya permukaan air.

San Marino

Republik San Marino adalah negara mikro yang terletak di Semenanjung Italia. San Marino merupakan anggota Dewan Eropa terkecil dengan populasi sekitar 34.037 berdasarkan perkiraan dari 2022.

San Marino memiliki total luas wilayah sekitar 24 mil persegi atau 60 km persegi. Ukurannya yang kecil membuat kepadatan penduduknya cukup tinggi.

Dari total penduduk, sekitar 4.800 jiwa adalah orang asing. Banyak penduduk San Marino beremigrasi dari Italia.

Pemandangan Kota San Marino (Gambar: Pixabay)

Ibu kota San Marino adalah Kota San Marino yang berpenduduk lebih dari 4.000 orang. Kota terpadat di negara ini adalah Dogana yang berpenduduk sekitar 7.000 orang.

San Marino memiliki ekonomi yang sebanding dengan Italia karena industrinya termasuk elektronik, perbankan, pertanian, dan pembuatan anggur.

Fakta menarik dari San Marino adalah republik tertua di dunia yang didirikan pada 301 Masehi. San Marino dimulai sebagai sebuah gereja di atas bukit pada 300 Masehi.

Liechtenstein

Liechtenstein adalah negara terkecil keenam di dunia yang terletak di lembah sungai Alpen. Lokasinya berada di tengah-tengah kawasan Eropa dengan luas 62 mil persegi atau 160 km persegi.

Berdasarkan perkiraan PBB, penduduk Liechtenstein pada 2022 berjumlah 39.135 orang.

Liechtenstein merupakan salah satu dari dua negara di dunia, selain Uzbekistan yang menyandang status sebagai negara double landlocked atau negara yang tidak berbatasan langsung dengan laut lepas lantaran geografis negara tersebut yang terletak di antara Swiss dan Austria.

Pemandangan di Liechtenstein (Pixabay)

Liechtenstein dibagi menjadi 11 kotamadya. Ibu kotanya adalah Vaduz, merupakan kota dengan populasi sekitar 5.450 orang. Kotamadya terbesar menurut populasi adalah Schaan, rumah bagi hampir 6.000 orang.

Liechtenstein menjadi salah satu negara dengan PDB tertinggi di dunia karena sektor keuangannya yang kuat.

Fakta menarik dari negara ini adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak memiliki tentara.

Kepulauan Marshall

Republik Kepulauan Marshall adalah sebuah negara yang terletak di Samudera Pasifik. Negara kepulauan ini merupakan bagian dari Amerika Serikat. Amerika Serikat menyediakan pertahanan, subsidi, dan layanan sosial ke Kepulauan Marshall.

Meski begitu, Kepulauan Marshall memiliki kedaulatan penuh sebagai hasil dari Compact of Free Association yang mereka miliki dengan AS. Negara ini juga merupakan anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komunitas Pasifik.

Kepulauan Marshall (Gambar: Pixabay)

Kepulauan Marshall terdiri dari 29 atol karang, yang memiliki lebih dari 1.100 pulau. Luas total Kepulauan Marshall hanya lebih dari 70 mil persegi. Menurut perkiraan populasi pada 2022, negara kepulauan ini memiliki penduduk 53.327 jiwa.

Ibu kota Kepulauan Marshall adalah Majuro. Meskipun luasnya hanya 3,7 mil persegi, hampir 28.000 orang tinggal di Majuro. Di seluruh negeri, hampir tiga perempat penduduk tinggal di daerah perkotaan.

Sebagian besar penduduk Kepulauan Marshall adalah penduduk asli Marshallese. Namun, penduduk lain beremigrasi dari Filipina, Cina, dan Amerika Serikat.

Saint Kitts dan Nevis

Saint Kitts dan Nevis adalah sebuah negara federasi dua pulau yang terletak di Kepulauan Leeward, Karibia. Negara ini merupakan negara yang terkecil di Amerika, baik dari segi luas maupun jumlah penduduknya.

Saint Kitts dan Nevis memiliki luas 101 mil persegi atau 260 km persegi dengan jumlah populasi pada 2022 sebanyak 57.713 jiwa.

Pemandangan Saint Kitts dan Nevis (Gambar: Pixabay)

Kedua pulau Saint Kitts dan Nevis bergabung menjadi federasi pada 1967, menyusul keinginan untuk menguasai industri gula.

Saat ini negara ini tidak memiliki militer, tetapi 300 personel ditempatkan sebagai pasukan kepolisian yang juga menyasar aktivitas perdagangan obat-obatan terlarang.

Fakta menarik dari Saint Kitts dan Nevis adalah negara persemakmuran yang independen, dengan Raja Charles III sebagai kepala negara.

Maladewa

Republik Maladewa atau bisa disebut sebagai Kepulauan Maladewa adalah sebuah negara kepulauan di wilayah Samudera Hindia-Laut Arab. Negara ini terdiri dari 27 atol antara Kepulauan Chagos dan Pulau Minicoy, 250 mil barat daya India.

Maladewa atau Maldives memiliki luas wilayah sekitar 116 mil persegi atau 300 km persegi. Kota dan ibu kota terbesar di Maladewa adalah Male, dengan perkiraan populasi 63.000 orang.

Pantai di Maladewa (Gambar: Pixabay)

Diyakini penduduk paling awal Maladewa berasal dari Sri Lanka dan India selatan. Orang-orang Maladewa secara etnis terkait dengan anak benua India dan secara etnis dikenal sebagai Dhivehi.

Ada sekitar 70.000 pekerja asing di Maladewa, serta 33.000 imigran ilegal, yang merupakan sepertiga dari total populasi. Sebagian besar pekerja dan imigran berasal dari Nepal, Bangladesh, dan Sri Lanka.

Fakta menarik dari Maladewa adalah pantainya yang spektakuler menjadikan negara ini salah satu tujuan yang paling diinginkan untuk menghabiskan bulan madu. Maladewa juga menjadi surga bagi para penyelam dan penggemar olahraga air.

Malta

Malta adalah negara Eropa selatan sekitar 50 mil selatan Sisilia. Malta hanya memiliki luas 122 mil persegi dan ibu kotanya, Valletta, adalah ibu kota terkecil di Uni Eropa.

Malta menjadi tujuan wisata yang populer. Malta memiliki beberapa bangunan tertua di dunia. Malta juga adalah salah satu negara terkecil di dunia, dan salah satu yang paling padat penduduknya.

Ibu kota Malta, Kota Valleta (Gambar; Getty Images)

Diperkirakan populasi 422.000 tersebar di hanya 122 mil persegi, dengan kepadatan populasi 1.562 orang per kilometer persegi.

Malta adalah salah satu negara paling multibahasa di Uni Eropa dengan 100% populasinya berbahasa Malta, 88% berbahasa Inggris, 66% berbahasa Italia, dan 17% berbahasa Inggris. (—)

 

Sumber: World Population Review, Worldatlas

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan