16 June 2024
Indeks
Iklan Dispar Sultra Jelajahi Sulawesi Tenggara

Penjualan Kondom di Kendari Kurang Bergairah Jelang Malam Tahun Baru 2024

  • Bagikan
Penjualan Kondom di Kendari Kurang Bergairah Jelang Malam Tahun Baru 2024
Berbagai merek alat kontrasepsi kondom yang ada di salah satu apotek Kota Kendari tampak masih banyak terpajang pada Sabtu, 30 Desember 2023.

SULTRATOP.COM, KENDARI – Kondom adalah alat kontrasepsi yang paling praktis dalam mencegah kehamilan. Selain itu, kondom juga berfungsi untuk menghindarkan pasangan yang melakukan hubungan badan dari berbagai jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kelamin.

Dari 10 apotek yang dikunjungi awak media Sultratop.com pada Sabtu (30/12/2023) atau H-2 menjelang perayaan malam pergantian tahun 2023-2024, rata-rata tingkat penjualan alat kontrasepsi berupa kondom kurang bergairah daripada tahun-tahun sebelumnya. Namun, ada juga yang telah mengalami peningkatan penjualan tapi hanya sebagian kecil apotek.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Seorang asisten apoteker di salah satu apotek yang berada di Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari berinisial A mengatakan bahwa tingkat penjualan kondom di apotek tersebut masih sama seperti hari-hari biasanya dan belum ada lonjakan permintaan masyarakat.

Sama halnya dengan tisu magic (untuk memperpanjang durasi berhubungan) masih belum terlihat peningkatan penjualan. Namun, tisu magic ini jumlah permintaannya lebih tinggi dibanding kondom meskipun pada hari-hari biasa.

Sama halnya dengan apotek yang berada di Wua-wua, Kendari. Dari 4 apotek yang dikunjungi di wilayah tersebut juga rata-rata tingkat penjualan kondom dan tisu magic masih sama seperti hari-hari biasa sebelumnya, bahkan salah satu apoteker tersebut menyatakan bahwa penjualan alat kontrasepsi cenderung menurun.

Kendati demikian, para apoteker tersebut masih memprediksi bahwa peningkatan pembelian mungkin saja terjadi pada malam pergantian tahun 2024 seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Mungkin nanti akan ada peningkatan, tapi kayaknya tidak terlalu tinggi karena kan di sini juga banyak apotek,” ungkap apoteker.

Sementara itu, peningkatan jumlah pembelian kondom menjelang malam pergantian tahun 2023-2024 telah terjadi di salah satu apotek yang ada di jalan Taman Suropati, Lawata, Kecamatan Mandonga. Berdasarkan keterangan apotekernya, rata-rata pembelinya adalah pemuda hingga orang tua.

Untuk apotek di sekitar kampus yang ada di Kendari, tingkat penjualan kondom juga masih tergolong sama dengan hari-hari sebelumnya dan belum menunjukan tingkat permintaan yang tinggi oleh konsumen. Namun, apoteker di sekitar wilayah kampus tersebut memprediksi lonjakan permintaan akan terjadi pada malam tahun baru.

“Biasanya itu kalau tahun lalu biasanya memang selalu ada peningkatan untuk kondom di malam tahun baru,” ungkap apoteker.

Berdasarkan penelusuran online yang dilakukan awak media Sultratop.com, pada perayaan malam pergantian tahun sebelumnya (2022-2023) di Kota Kendari, jumlah pembelian alat kontrasepsi termasuk kondom mengalami peningkatan.

Bahkan, peningkatan daya beli masyarakat di Kota Kendari akan alat kontrasepsi tersebut biasanya sudah terlihat sejak seminggu menjelang malam pergantian tahun. (===)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan