13 April 2024
Indeks

Masuk Zona Larangan Terbang, Ini 9 Tempat yang Tak Boleh Dilintasi Pesawat

  • Bagikan
Pesawat melintas di antara gedung. (Gambar: Pexels)

SULTRATOP.COM – Ternyata ada banyak tempat di dunia yang memberlakukan zona larangan terbang atau no fly zone. Pesawat tidak boleh melintas di atas tempat-tempat tersebut.

Ada berbagai faktor penyebab zona larangan terbang ini, seperti alasan politik, agama, sejarah, dan lingkungan.

Iklan Astra Honda Sultratop

Berikut ini 9 tempat yang menjadi zona larangan terbang dan alasannya.

Makkah, Arab Saudi

Makkah tempat suci umat Islam
Ka’bah di Makkah. (Gambar: Pexels)

Kota suci umat Islam, Makkah di Arab Saudi menjadi salah satu wilayah yang masuk zona larangan terbang.

Sebenarnya Makkah bisa jadi rute penerbangan Riyadh-Jeddah. Namun otoritas Saudi melarang terbang di atas Makkah untuk melindungi dan menghormati tempat suci ini, serta tidak mengganggu jamaah.

Meski begitu, otoritas Saudi masih membolehkan helikopter penyelamat melintas seperti yang terjadi pada 2006, setelah sebuah bangunan yang dihuni oleh jamaah runtuh. Kejadian itu menewaskan 76 orang dan melukai sekitar 60 orang.

Machu Picchu, Peru

Maccu Picchu keajaiban sejarah di Peru
Maccu Picchu di Peru. (Gambar: Pexels)

Pemerintah Peru memberlakukan zona larangan terbang di Machu Picchu pada 2006. Alasannya untuk melindungi satwa liar langka di kawasan bekas reruntuhan peradaban Inca tersebut.

Dengan menerbangkan pesawat komersial atau helikopter di atas wilayah tersebut, jika ada pesawat yang jatuh atau mendarat darurat akan merusak ekosistem yang berharga.

Selain itu, efek samping dari peningkatan polusi di wilayah ini dapat merusak habitat alami di kawasan Maccu Picchu yang menjadi salah satu keajaiban sejarah di dunia.

Parthenon, Yunani

Parthenon keajaiban sejarah di Athena
Kawasan Parthenon di Athena, Yunani. (Gambar: Pexels)

Sama seperti di Machu Picchu, alasan mengapa zona larangan terbang berlaku di area Parthenon di Athena adalah untuk melindungi keajaiban sejarah ini.

Kuil yang didedikasikan untuk dewi Yunani Kuno Athena ini memiliki struktur yang mengesankan.

Secara khusus, tidak ada pesawat yang boleh terbang di bawah 5.000 kaki saat berada di atas Parthenon.

Istana Buckingham dan Downing Street London, Inggris

Istana Buckingham di Inggris
Kawasan Istana Buckingham di Inggris. (Gambar: Pexels)

Pemerintah Inggris menerapkan zona larangan terbang di atas Istana Buckingham dan Jalan Downing London karena alasan keamanan.

Istana Buckingham merupakan kediaman Ratu di London. Sementara Downing Street adalah salah satu jalan paling signifikan di Inggris. Di sini terdapat rumah bagi Perdana Menteri Inggris yang menjabat. Akses ke lokasi berpagar ini juga memerlukan izin khusus.

Sebagai tindakan untuk melindungi elite politik negara, otoritas di Inggris melarang pesawat terbang langsung di atas jalan ini.

Tak hanya di dua tempat itu, pesawat juga tidak boleh melintas di atas Gedung Parlemen dan Kastil Windsor.

Taj Mahal, India

Bangunan Taj Mahal di India
Taj Mahal di India (Gambar: Pexels)

Bangunan Taj Mahal adalah salah satu karya arsitektur India yang paling terkenal dan situs warisan dunia menurut UNESCO.

Pemerintah India telah memberlakukan zona larangan terbang di atas area tersebut untuk melindungi bangunan dan para wisatawan.

Tak hanya alasan keamanan, zona larangan terbang berlaku agar marmer putih Taj Mahal tidak terpengaruh oleh polusi akibat aktivitas penerbangan.

Taman Disney, Amerika Serikat

Ada banyak tempat di seluruh dunia yang memberlakukan zona larangan terbang sementara sebagai dampak peristiwa 9/11 di Amerika Serikat. Salah satunya adalah Taman Disney.

Pada 2003, zona larangan terbang sementara di atas taman Disney menjadi permanen. Jadi tidak ada pesawat yang bisa terbang kurang dari 3.000 kaki di atas Walt Disney World di Florida, atau Disneyland di California.

Washington DC, Amerika Serikat

Pemerintah Amerika Serikat juga melarang pesawat melintas di atas Washington DC karena alasan keamanan.

Washington DC merupakan kediaman Presiden AS, anggota kongres dan pusat pemerintahan, serta terdapat “Zona Pangkalan Penerbangan Khusus” yang mencakup radius 30 mil di sekitar Bandara Internasional Ronald Reagan.

Tibet, Cina

Kawasan di wilayah Tibet, Cina
Kawasan di Tibet, Cina. (Gambar: Pexels)

Larangan pesawat melintas juga berlaku di wilayah atas Tibet. Alasannya karena geografi wilayah tersebut. Ketinggian pegunungan di Tibet rata-rata lebih dari 14.000 kaki. Hal ini kemungkinan akan menimbulkan masalah jika terjadi depresurisasi kabin saat pesawat harus turun hingga 10.000 kaki sebelum mendarat di bandara.

Selanjutnya, arus udara naik di atas pegunungan, menciptakan aliran yang mengganggu sehingga sebuah pesawat lebih mungkin menghadapi turbulensi.

Budapest, Hungaria

Pemerintah Budapest melarang pesawat melintas di atas kota kuno Pest dan Buda Hills.

Area Budapest ini menampung Gedung Parlemen Hongaria, Kastil Buda, dan Basilika St. Stephen. (—)

Sumber: Simpleflying, Arabiaweather, The Sun



google news sultratop.com
  • Bagikan