13 April 2024
Indeks

Ini 6 Fakta Menarik tentang Harimau Siberia, Terbesar di Dunia

  • Bagikan
Harimau terbesar di dunia
Harimau Siberia atau Harimau Amur. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Harimau Siberia, (subspesies Panthera tigris altaica) atau harimau Amur adalah harimau terbesar di dunia. Kucing raksasa ini menghuni kantong-kantong hutan di wilayah Primorye dan Khabarovsk di timur jauh Rusia dan di timur laut Tiongkok.

Banyak fakta menarik tentang harimau Siberia yang sebaiknya Anda ketahui. Melansir Britannica, berikut ini adalah fakta menarik tentang harimau terbesar di dunia ini.

Iklan Astra Honda Sultratop
  • Terancam punah

Kucing yang satu ini ternyata jumlahnya tergolong sedikit. Hanya kurang dari 600 harimau Siberia yang tersisa di alam liar, sementara beberapa ratus lainnya dipelihara di kebun binatang dan taman alam di seluruh dunia. Kondisi ini membuatnya terancam punah, apabila jumlahnya terus berkurang.

Sebelum tahun 2008, Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam (IUCN) mendaftarkan harimau Siberia sebagai spesies yang sangat terancam punah, namun status harimau tersebut telah ditingkatkan.

Populasi harimau Siberia tidak terputus, dengan sekitar 90 persen tinggal di wilayah pegunungan Sikhote-Alin di Primorye. Meskipun IUCN menganggap populasi global stabil, pemulihan harimau berjalan lambat.

Alasan utama harimau ini terancam hilang dari muka bumi karena tekanan perburuan yang terus berlanjut, penurunan ukuran dan kualitas habitat akibat penebangan dan kebakaran hutan, menurunnya populasi mangsa, dan kurangnya keragaman genetik di dunia.

  • Berbeda dari harimau lain

Secara penampilan, harimau Siberia dibedakan dari subspesies harimau lainnya melalui bulunya yang berwarna oranye kalem dengan aksen garis-garis hitam, dan bulunya yang tebal. Ukurannya yang tergolong lebih besar daripada harimau jenis lain membuat banyak ahli menyimpulkan bahwa harimau Siberia sebagai harimau terbesar di dunia.

Harimau Siberia jantan terbesar dapat tumbuh hingga panjang tubuh 3,7 meter (12,1 kaki) termasuk panjang ekor 1 meter (3,3 kaki) dan berat hingga 423 kg (sekitar 933 pon). Betina lebih kecil, yang terbesar berukuran panjang 2,4 meter (7,9 kaki) dan berat sebanyak 168 kg (370 pon).

Harimau Siberia merupakan pemburu soliter yang memangsa babi hutan (Sus scrofa), musang, anjing rakun (Nyctereutes procyonoides), berbagai jenis rusa terutama sika (Cervus nippon), dan bahkan beruang hitam kecil Asia (Ursus thibetanus).

Harimau terbesar di dunia
Harimau Siberia subspesies Panthera tigris altaica. (Gambar: Pixabay)

Sementara, mengutip Savageworld, berikut beberapa fakta tambahan mengenai harimau Siberia.

  • Penampilan dan kebiasaan

Harimau Siberia adalah kucing liar yang anggun, yang kekuatannya tidak dapat dibandingkan dengan perwakilan fauna liar lainnya di planet ini. Harimau jenis ini merupakan salah satu predator terbesar di dunia.

Kekuatannya memungkinkannya dapat menyeret bangkai kuda dewasa sejauh 500 meter di tanah. Kemudian saat berlari di salju, kecepatannya bisa mencapai 50 km/jam. Cakarnya pendek, tetapi bantalan kakinya lebar, sehingga tidak jatuh ke salju tebal.

Bulu harimau Siberia tebal, bahkan sangat tebal, sehingga mudah tahan terhadap iklim keras di habitatnya. Agar tidak membeku saat berbaring di atas salju, harimau memiliki bantalan lemak di perutnya yang tebalnya mencapai 5 cm.

Warna utama bulu Harimau Siberia lebih terang dibandingkan anggota genus lainnya. Pada musim dingin warnanya kuning dan perutnya putih.

Warna bulu akan berfungsi sebagai penyamaran. Namun bintik putih besar di bagian belakang telinga lebih berfungsi sebagai suar bagi anak-anaknya. Ketika betina menuntun induknya melewati salju, ia menempatkan telinganya dengan cara khusus agar bintik hitam putih tersebut terlihat jelas.

Laring dan pita suaranya memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga hewan-hewan ini dapat mengeluarkan seruan khusus – raungan yang keras.

  • Kebiasaan berburu

Harimau Siberia dalah penyendiri yang berburu kapan saja sepanjang hari. Hanya di musim panas ia meninggalkan tempat perlindungannya terutama saat senja.

Seekor harimau menguasai wilayah seluas 800 kilometer persegi (betina mampu menguasai wilayah hingga 500 km2). Seperti semua kucing, ia menandai wilayahnya dengan cakarnya, meninggalkan goresan di tanah dan batang pohon, serta cairan yang keluar.

Wilayah individu berjenis kelamin sama tidak berpotongan, tetapi mungkin terdapat beberapa betina berbeda di wilayah jantan.

Satu-satunya alasan mengapa seekor harimau dapat bertemu lebih dari satu adalah karena adanya anak pada seekor betina.

Dalam sehari seekor harimau menempuh jarak hingga 41 km. Ini merupakan nilai rata-rata dan tergantung pada banyak faktor, seperti berhasil tidaknya perburuan, apakah hewan tersebut sedang mencari mangsa, atau mungkin sudah memakannya. Harimau betina bergerak dalam jarak yang lebih pendek – tidak lebih dari 22 km.

Sang predator jarang menyerang mangsa yang sama, meski harus mencurahkan banyak waktunya untuk berburu. Pemangsa merayap mendekati mangsanya dan menyerang, menggigit tenggorokan hewan kecil dan tulang leher hewan besar, setelah sebelumnya menjatuhkan mereka ke tanah.

Harimau tersebut mampu menempuh jarak 15 meter dalam satu detik jika melemparkannya ke arah korbannya. Fakta juga bahwa ia tidak dapat mengejar hewan itu lebih dari 300 meter karena ia menjadi lelah.

Jika harimau belum memakan mangsanya, maka ia menyembunyikannya. Hewan itu makan sambil berbaring sambari memegang mangsanya dengan cakarnya. Mereka bisa makan 50 kg makanan per hari (norma harian hanya 10 kg), tetapi jika perburuan gagal, mereka bisa kelaparan dalam waktu lama.

Harimau terbesar di dunia
Harimau Siberia (Gambar: Pixabay)
  • Suka air dan tahan salju

Harimau Siberia ini menyukai air. Mereka bisa berbaring di dalam atau di dekat air selama berjam-jam, dan sungai besar tidak pernah menjadi penghalang bagi predator yang satu ini.

Pada musim dingin, harimau dapat beristirahat tepat di atas salju sebab lapisan lemak memberinya kesempatan seperti itu. Namun, untuk istirahat yang lama, ia lebih suka menggunakan tempat berlindung seperti lubang di bawah pohon tumbang, tepian dan relung berbatu, gua.

Kucing liar ini menyukai hutan yang memiliki lereng, gua, dan tebing – di sini predator akan selalu mencari makanan, tempat berlindung, dan akan memantau wilayahnya tanpa masalah.

  • Pola makan

Makanan harimau Siberia cukup mudah ditebak: rusa merah, rusa (mulia atau tutul), rusa roe, babi hutan, rusa, dan bahkan beruang. Selain itu, juga terdapat mamalia kecil, ikan, katak, burung, tikus, dan tanaman buah.

Menurut perkiraan, seekor harimau membutuhkan hingga 70 ekor hewan berkuku per tahun untuk bertahan hidup. Harimau Siberia sendiri bukan kanibal, ia tidak akan menyerang seseorang kecuali ia menyerang binatang itu lebih duluan. (===)



google news sultratop.com
  • Bagikan