26 May 2024
Indeks

Sejarah Kedokteran Gigi, Profesi Medis Tertua di Dunia

  • Bagikan
Sejarah kedokteran gigi dimulai sekitar tahun 7000 Sebelum Masehi (SM) di Peradaban Lembah Indus. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COMSejarah kedokteran gigi dimulai sekitar tahun 7000 Sebelum Masehi (SM) di Peradaban Lembah Indus (sekarang masuk wilayah Pakistan dan India barat).

Hal itu menjadikan kedokteran gigi profesi medis tertua di dunia.

Iklan Astra Honda Sultratop

Pada saat itu, sudah ada bukti perawatan mulut untuk kerusakan gigi menggunakan bor busur, alat primitif kuno untuk pengerjaan kayu dan perawatan masalah gigi.

Namun, baru pada tahun 5000 SM deskripsi yang berkaitan dengan kedokteran gigi dan kerusakan gigi tersedia.

Pada saat itu, sebuah teks Sumeria menggambarkan cacing gigi sebagai penyebab kerusakan gigi.

Gagasan bahwa cacing berjalan melalui mulut dan menjadi penyebab sakit gigi bertahan hingga terbukti salah pada tahun 1700-an.

Sementara di Yunani kuno, Hippocrates dan Aristoteles menulis tentang perawatan gigi yang membusuk.

Keduanya juga menulis tentang pencabutan gigi untuk mencegah sakit gigi menggunakan tang.

Yang cukup menarik, para profesional yang melakukan ekstraksi gigi selama abad pertengahan bukanlah otoritas medis, melainkan tukang cukur.

Tukang cukur yang sebagian terlatih ini mulai menggunakan “pelican gigi” pada abad ke-14 dan kemudian “kunci gigi” untuk mencabut gigi pasien mereka.

Kedua alat itu mirip dan merupakan pendahulu forsep modern.

Konsep kedokteran gigi modern dimulai antara tahun 1650 dan 1800.

Dia adalah seorang dokter Prancis abad ke-17 bernama Pierre Fauchard yang disebut “Bapak Kedokteran Gigi Modern”. Dia merupakan otak dari banyak prosedur perawatan gigi yang masih berlaku saat ini.

Misalnya, proses penambalan gigi, dan dia juga membantu menjelaskan bahwa asam dari gula merupakan sumber utama kerusakan gigi.

Fakta Sejarah Kedokteran Gigi Lainnya

Pada 1840, perguruan tinggi kedokteran gigi pertama dibuka, yang disebut Baltimore College of Dental Surgery.

Institusi kedokteran gigi yang berafiliasi dengan universitas pertama, Harvard University Dental School berdiri pada 1867.

Pada 1873, Colgate memproduksi pasta gigi pertama dalam toples secara massal, dan beberapa tahun kemudian, pada 1885, sikat gigi pertama diproduksi secara massal di Amerika oleh HN Wadsworth.

Sementara sikat gigi elektrik asli pertama diproduksi pada 1939, tetapi dikembangkan di Swiss.

Di Amerika Serikat, Alabama memimpin dengan memberlakukan undang-undang praktik gigi pertama pada 1841, dan hampir 20 tahun kemudian, American Dental Association (ADA) terbentuk.

Apa yang mungkin mengejutkan adalah bahwa orang Afrika-Amerika pertama yang mendapatkan gelar kedokteran gigi berasal dari 1869, dan asisten dokter gigi wanita pertama bekerja di New Orleans pada tahun 1885.

Yang paling mengejutkan adalah kebanyakan orang Amerika tidak mengadopsi kebiasaan menyikat gigi yang baik sampai setelah Perang Dunia II.

Tentara yang bertugas di luar negeri membawa konsep kesehatan mulut yang baik kembali ke Amerika Serikat.

Edward H. Angle, yang memulai sekolah ortodontik pertama pada 1901, menciptakan klasifikasi sederhana untuk gigi bengkok pada akhir 1800-an. Sistem ini masih digunakan sampai sekarang.

Rontgen gigi pertama digunakan pada tahun 1896. (—)

Sumber: adea.org dan todayifoundout



google news sultratop.com
  • Bagikan