26 May 2024
Indeks

Penyebab Rebusan Daging Sapi Tidak Empuk, Gunakan Cara Ini!

  • Bagikan
Daging sapi tidak empuk
Daging sapi (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Penyebab rebusan daging sapi tidak empuk adalah pertanyaan yang selalu muncul mana kala kita sudah bersusah payah memasaknya tapi ternyata hasilnya tak sesuai harapan. Padahal, mungkin teori-teori mengempukkan daging sapi sudah Anda praktikan.

Tak sedikit orang yang pernah membuat sup daging sapi tetapi ternyata dagingnya keras dan tidak selembut yang mereka kira. Bisa jadi waktu memasaknya terlalu singkat atau cara memasaknya yang salah.

Iklan Astra Honda Sultratop

Saat membuat rebusan tanpa menggunakan panci presto, aturan dasarnya adalah didihkan dalam waktu lama dengan api kecil. Tentu saja, ada perbedaan bagian yang digunakan dan apakah itu daging sapi lokal atau impor. Harap catat, merebus daging sapi butuh waktu dan tenaga.

Mengapa daging sapi menjadi empuk saat direbus dalam waktu lama?

Semua daging, termasuk daging sapi, mengandung protein yang disebut kolagen. Zat keras yang biasanya berfungsi seperti lem untuk menyatukan sel-sel daging. Ketika kolagen ini dipanaskan, ia melunak dan berubah menjadi gelatin.

Karena gelatin ini larut dalam air, ia larut ke dalam kaldu seiring waktu. Saat dimasak dalam waktu lama, kolagen perekatnya berangsur-angsur hilang, dan jaringan dagingnya hancur.

Cara Supaya Daging Sapi Empuk

Meskipun Anda tidak memiliki panci presto, tidak masalah. Cukup masak daging dengan api kecil hingga empuk. Kalaupun ada panci presto, gunakan itu dagingnya akan empuk dan menghemat waktu. Namun hati-hati menggunakan panci ini karena prinsip kerjanya yang bertekanan tinggi.

Sebenarnya, kesenangan memasak yang sesungguhnya adalah menutup panci dan merebus rebusan dengan api kecil untuk waktu yang lama. Biarkan mendidih lebih lama dari waktu ke waktu, Anda pasti akan mendapatkan sup daging sapi yang lezat.

Cara lain, Anda bisa memanfaat kan nanas. Nanas mengandung enzim proteolitik (bromelain). Oleh karena itu, jika daging Anda rendam dalam jus nanas maka akan menjadi lebih lunak. Merendamnya semalaman di lemari es adalah yang terbaik.

Selain nanas, yogurt juga bisa mengempukkan daging. Yang berperan adalah bakteri asam laktat dalam yogurt berperan melunakkan daging. Yogurt yang terbuat dari susu dengan aksi bakteri asam laktat memiliki efek pelunakan daging. Asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri asam laktat mengendurkan serat daging dan membuatnya empuk. (===)

 

Sumber: macaro-ni.jp



google news sultratop.com
  • Bagikan