18 April 2024
Indeks

Dorong Mahasiswa Kembangkan Diri, Prodi Kesmas Mandala Waluya Kendari Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • Bagikan
Kuliah tamu pelatihan jurnalistik pada Selasa (2/4/2024) di Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari.

SULTRATOP.COM, KENDARI – Program Studi (Prodi) Sarjana Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari menggelar kuliah tamu pelatihan jurnalistik pada Selasa (2/4/2024) di aula lantai 3 kampus tersebut.

Puluhan mahasiswa yang duduk di semester 4 dan 6 menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. Mereka dikenalkan tentang dunia jurnalistik, mempelajari hubungan antara bidang Kesmas dengan kejurnalistikan, hingga praktik langsung menulis berita.

Iklan Astra Honda Sultratop

Kegiatan tersebut menghadirkan redaktur pelaksana salah satu media online terkemuka di Kendari, atas nama Muhamad Taslim Dalma, S.Pd, M.Pd. Pemateri sendiri memiliki rekam jejak pretasi jurnalistik di tingkat nasional seperti pernah meraih penghargaan karya jurnalistik pada malam Anugerah Indonesia Damai 2019, juara 3 lomba jurnalistik 2021 oleh Gojek, hingga pernah Juara 1 lomba jurnalistik Germas 2021.

Ketua Prodi Sarjana Kesmas UMW, Erwin Azizi Jayadipraja menjelaskan pelatihan itu sangat penting bagi para mahasiswa kesmas dalam rangka memperluas pengetahuan dan tidak hanya terpaku pada satu bidang keilmuan. Apalagi, jurnalistik ini juga ada kaitannya dengan bagaimana menyampaikan informasi ke masyarakat dengan cara yang efektif.

Pemateri dalam pelatihan jurnalistik Muhamad Taslim Dalma bersama Ketua Prodi Sarjana Kesmas UMW, Erwin Azizi Jayadipraja

“Lewat pelatihan ini juga diharapkan mahasiswa dapat menangkap peluang guna mengembangkan diri setelah lulus kuliah. Sebelumnya kan sudah belajar tentang public speaking, nah dengan adanya pelatihan jurnalistik ini kita berharap, keterampilan yang dimiliki semakin melengkapi bidang kesmas yang digeluti,” ujar Erwin.

Erwin selalu menekankan pentingnya belajar hal-hal baru dengan mencoba sesuatu yang di luar dari kebiasaan dan membawa mahasiswa untuk memahami sejumlah keterampilan selain dari materi yang biasa dipelajari di kelas.

Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut terlaksana berkat kerja sama dengan PT Top Media Network selaku penerbit Sultratop.com. Hal ini juga untuk turut mendorong program “Kampus Merdeka” yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makariem yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuannya sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Direktur Utama PT Top Media Network, Ilham Surahmin mengatakan kegiatan pelatihan itu juga merupakan suatu kebaruan dalam kerja sama media, di mana kerja sama tidak hanya sebatas publikasi iklan dan advertorial, tapi bagaimana media bisa mendorong peningkatan kapasitas mahasiswa.

Foto bersama dalam kuliah tamu pelatihan jurnalistik pada Selasa (2/4/2024) di Universitas Mandala Waluya Kendari.
  • Bagikan