26 May 2024
Indeks

9 Makanan Ini Bantu Membersihkan Pembuluh Darah

  • Bagikan
Makanan untuk membersihkan pembuluh darah
9 Makanan Ini Bantu Membersihkan Pembuluh Darah.

SULTRATOP.COM – Beberapa jenis bahan makanan berkhasiat membersihkan pembuluh darah. Bahan makanan tersebut ada yang dapat Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan tak jarang ada di pasar-pasar tradisional.

Mengapa anda perlu membersihkan pembuluh darah? sebab ada pepatah China mengatakan bahwa “kekeruhan darah menyebabkan semua penyakit, dan darah membersihkan penyakit,”.

Iklan Astra Honda Sultratop

Dari pepatah itu dapat diartikan bahwa darah dan kesehatan sangat erat kaitannya. Pola makan dan kebiasaan hidup Anda sehari-hari akan mempengaruhi darah. Seiring berjalannya waktu, kotoran dalam darah akan meningkat, kekentalan darah akan meningkat, dan terbentuklah trombus, yang pada akhirnya akan menyebabkan penyakit jantung.

Setiap makanan mengandung nutrisi yang berbeda dan memiliki efek nutrisi yang spesifik. Melansir Zhihu, berikut 9 makanan yang membantu membersihkan pembuluh darah.

1. Hawthorn

Buah Hawthorn
Buah Hawthorn. (Gambar: Pixabay)

Tanaman ini masuk dalam keluarga mawar yang biasanya tumbuh di lerang bukit. Hawthorn merupakan semak berduri yang berasal dari belahan bumi utara di Eropa. Buahnya berwarna merah dengan ukuran seperti buah berry, makanya namanya disebut juga Hawthorn Berry.

Hawthorn dapat meningkatkan aktivitas trombosit, menghambat agregasi trombosit, menghindari pembentukan trombus, dan melebarkan pembuluh darah. Makanan ini juga mengurangi kejadian penyakit jantung koroner dan hipertensi, sekaligus mengurangi konsentrasi lipid darah dan melembutkan pembuluh darah.

2. Kelp

Rumput laut kelp
Rumput laut jenis kelp. (Gambar: Pixabay)

Ini merupakan jenis rumput laut yang tergolong sebagai alga berukuran besar. Tanaman berwarna cokelat ini tumbuh di dasar laut dan merambat. Kelp kaya akan polisakarida dan laminarin. Kedua zat ini bahkan memiliki aktivitas seperti heparin, yang tidak hanya dapat mengurangi pembekuan darah, tetapi juga menurunkan kolesterol dan lipoprotein, serta menghambat pembentukan aterosklerosis.

3. Jamur hitam

Jamur hitam
Jamur hitam. (Gambar: Pixabay)

Memang ada banyak jenis jamur yang berwarna hitam, khusus jamur jenis ini berbentuk seperti kuping dan warnanya agak hitam. Biasanya bahan ini jadi bahan campuran sup. Sejenis getah tanaman yang terkandung dalam jamur memiliki daya serap racun yang kuat sehingga sangat baik untuk membersihkan pembuluh darah.

Jamur hitam untuk bahan makanan ini dapat memusatkan dan menyerap debu yang tersisa di sistem pencernaan manusia, lalu mengeluarkannya dari tubuh untuk mendetoksifikasi dan membersihkan perut.

4. Bawang putih

Bawang Putih
Bawang Putih. (Gambar: Pixabay)

Allicin dalam bawang putih dapat melemahkan aktivitas enzim yang mensintesis kolesterol di hati, sehingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bawang putih juga mengandung sulfida yang dapat menurunkan kolesterol darah dan mencegah pembentukan trombus.

5. Terong

Sayur terong
Buah Terong. (Gambar: Pixabay)

Terong kaya akan flavonoid – vitamin P, yang dapat melembutkan pembuluh darah, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, mengurangi permeabilitas kapiler, dan memiliki efek tertentu untuk mencegah pendarahan kapiler.

6. Tomat

Buah Tomat
Buah Tomat. (Gambar: Pixabay)

Likopen dalam tomat memiliki efek antioksidan yang kuat, menghilangkan radikal bebas dan sampah di dalam tubuh, melindungi kekenyalan pembuluh darah, dan mencegah trombosis.

7. Brokoli

Brokoli
Brokoli. (Gambar: Pixabay)

Jenis sayuran ini sangat kaya akan flavonoid. Selain mencegah infeksi, flavonoid juga merupakan pembersih pembuluh darah terbaik, yang dapat mencegah oksidasi kolesterol dan agregasi trombosit, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

8. Jagung

Buah Jagung
Jagung. (Gambar: Pixabay)

Jagung kaya akan minyak, di mana asam linoleatnya mencapai lebih dari 60%, yang membantu metabolisme lemak tubuh dan kolesterol, mengurangi pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah, dan melembutkan arteri.

9. Bawang Merah

Bawang
Bawang Merah. (Gambar: Pixabay)

Bawang merah mengandung sejenis prostaglandin A yang dapat melebarkan pembuluh darah. Selain itu bahan makanan yang selalu tersedia di dapur ini dapat mengendurkan pembuluh darah, mengurangi kekentalan darah, dan menurunkan tekanan pembuluh darah. (===)



google news sultratop.com
  • Bagikan