26 May 2024
Indeks

10 Manfaat Makan Telur untuk Kesehatan Anak

  • Bagikan
10 Manfaat Makan Telur untuk Kesehatan Anak
Ada begitu banyak manfaat makan telur untuk kesehatan anak-anak karena telur mengandung protein, zat besi, vitamin, dan lemak. (Foto: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Ada begitu banyak manfaat makan telur untuk kesehatan anak-anak karena telur mengandung protein, zat besi, vitamin, dan lemak.

Meski memiliki kandungan nutrisi yang baik, orang tua harus menahan diri untuk tidak memberikan terlalu banyak telur kepada si kecil.

Iklan Astra Honda Sultratop

Kandungan protein yang tinggi di dalam telur dapat berdampak buruk pada ginjal jika dimakan dalam jumlah berlebihan. Terlalu banyak makan telur juga bisa menyebabkan kembung dan muntah.

Oleh karena itu, anak-anak disarankan hanya mengonsumsi sekitar dua butir telur sehari agar mereka juga mendapatkan nutrisi lain dari makanan yang berbeda.

Melansir laman Mom Junction, berikut 10 manfaat makan telur untuk kesehatan si kecil:

1. Protein lengkap

Telur merupakan sumber protein yang lengkap. Setiap telur mengandung 6 gram protein per porsi. Telur membantu anak-anak tumbuh lebih besar dan lebih kuat.

2. Sumber lutein dan zeaxanthin

Telur adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat penting untuk kesehatan mata. Kedua senyawa ini menjaga penglihatan tetap tajam dan mengurangi dampak degenerasi makula serta memastikan kesehatan retina.

3. Mengandung kolin

Satu butir telur mengandung 100 mcg kolin yang dapat membantu perkembangan otak. Kolin juga bertanggung jawab atas molekul otak yang memberi sinyal pada saraf.

4. Sumber omega-3

Omega 3 adalah lemak sehat yang banyak ditemukan pada ikan. Omega 3 membantu dalam perkembangan otak awal dan memori kognitif.

Konsumsi telur secara teratur dapat membantu menunda timbulnya radang sendi dan penyakit jantung saat anak-anak tumbuh dewasa.

5. Sumber vitamin D

Telur adalah sumber vitamin D yang sangat baik. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang anak-anak yang sedang tumbuh dan telur adalah satu-satunya makanan sumber vitamin D.

6. Membantu kesehatan rambut dan kuku

Telur mengandung 9 asam amino esensial yang membantu pertumbuhan kuku dan rambut sehat untuk anak-anak.

Anak-anak selalu menggigit atau mematahkan kuku mereka dan telur memastikan pertumbuhan kuku mereka kembali lebih cepat.

7. Keseimbangan lemak yang lengkap

Telur mengandung keseimbangan yang tepat antara lemak jenuh dan tak jenuh, menjadikannya camilan yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh.

Orang tua dapat memberi makan telur kepada buah hati tanpa khawatir tentang obesitas.

8. Miliki kolesterol minimal

Telur memiliki kolesterol berbahaya minimal. Faktanya, konsumsi telur menyebabkan lonjakan HDL (kolesterol baik).

Anda dapat menyiapkan telur dengan sedikit lemak untuk memastikan anak Anda menerima nutrisi yang cukup tanpa efek berbahaya.

Hal yang perlu dipertimbangkan anak-anak dapat makan telur dengan aman asalkan asupan kolesterol hariannya tetap kurang dari 300 mg/hari.

9. Mengandung Vitamin B12

Telur adalah sumber vitamin B12 yang sangat baik. Vitamin yang juga disebut kobalamin ini penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf anak.

10. Mengandung asam folat

Vitamin yang larut dalam air ini sama pentingnya untuk kesehatan saraf anak-anak.

Kekurangan folat dapat menyebabkan kelemahan dan kerusakan saraf.
Jadi, penting untuk mengonsumsi telur dengan dosis asam folat yang tepat.

Semua manfaat telur untuk anak-anak ini menegaskan kembali pentingnya telur dalam makanan mereka. Cobalah masukkan telur dalam berbagai bentuk ke dalam menu makanan si kecil. (—)



google news sultratop.com
  • Bagikan