14 July 2024
Indeks

Siswa MAN IC Kendari Terpilih Jadi Wakil Sultra di Jambore Nasional Generasi Hijau

  • Bagikan
Siswa MAN IC Kendari Terpilih Jadi Wakil Sultra di Jambore Nasional Generasi Hijau
Ainil Qalbi Insani, Siswi MAN IC Kendari yang jadi salah satu wakil Sultra dalam Jambore Nasional Generasi Hijau. (Ist)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari, Ainil Qalbi Insani terpilih menjadi wakil Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam Jambore Nasional Generasi Hijau (JNGH) 2024 bersama Aufa Nabilah Rusydi dari MAN 1 Kolaka dan Sri Marfiani Nalmas (SMKN 1 Baubau).

Mereka dinyatakan lolos menjadi perwakilan Sultra pada 30 Juni 2024 setelah melalui seleksi ketat sejak 11 Mei hingga 20 Juni 2024. Sementara itu, pelaksanaan JNGH akan digelar di Banjar Baru, Kalimantan Selatan pada 28 September hingga 2 Oktober 2024.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kepala MAN IC Kendari, Ismail Z. Betawi menjelaskan, JNGH merupakan program tahunan Green Generation yang mempertemukan pelajar terbaik dari 38 provinsi di Indonesia yang peduli terhadap lingkungan untuk membangun perubahan lingkungan.

“Seleksinya secara nasional. Saya mengapresiasi dan mendorong penuh kegiatan itu,” ungkap Ismail saat dihubungi, Kamis (4/7/2024).

Ia menyebut bahwa generasi muda merupakan bagian dari satu sistem next generation. Kegiatan tersebut dinilai sebagai upaya untuk menjaga kelestarian bumi dan lingkungan.

Siswa MAN IC Kendari Terpilih Jadi Wakil Sultra di Jambore Nasional Generasi Hijau
Tiga pelajar wakili Sultra dalam Jambore Nasional Generasi Hijau di Banjar Baru, Kalimantan Selatan pada 28 September hingga 2 Oktober 2024. (Ist)

Ismail berharap siswa MAN IC Kendari yang terpilih dalam kegiatan itu bisa belajar banyak tentang lingkungan bersama perwakilan dari provinsi lain untuk kelestarian lingkungan Indonesia.

Siswa MAN IC Kendari itu juga diharapkan menjadi pemicu kesadaran dan partisipasi generasi muda Sultra dalam upaya pelestarian lingkungan.

“Kami harap Ainil bisa membawa semangat dan pengetahuan yang didapatkan dari jambore ini untuk diaplikasikan di lingkungan sekitar serta menginspirasi teman-teman lainnya,” ujar Ismail.

Sementara itu, Ainil Qalbi Insani yang merupakan siswi kelas XII IPA 1 itu mengaku sangat senang dinyatakan lulus sebagai perwakilan Sultra. Kata dia seleksinya dilakukan secara online dengan mengirimkan video kampanye dan short essay.

“Untuk buat short essay awalnya dibantu sama teman untuk cari referensi. Terus saya bilang ke guru saya ternyata referensi saya sangat sederhana. Jadi saya cari-cari lagi sampai akhirnya di ACC sama guru pembimbing. Short essay saya tentang penggunakan teknologi IoT,” ungkapnya.

Sementara untuk video kampanye, Ainil mengangkat solusi inovatif mengatasi masalah pengelolaan sampah organik dan nonorganik di kantin sekolah.

Ainil harap, melalui kegiatan itu ia bisa memperbanyak ilmu tentang pengelolaan sampah organik dan nonorganik untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman. (—)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan