18 April 2024
Indeks

Salat Id di Muna Barat Terpusat di Guali, Imam Didatangkan dari Kolaka

  • Bagikan
LM Husein Tali

SULTRATOP.COM, MUNA BARAT – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Pemkab Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memusatkan lokasi salat Idulfitri 1445 Hijriah/ 2024 Masehi di Lapangan Sepak Bola Desa Guali, Kecamatan Kusambi.

Pada pelaksanaan salat id nanti, Pemkab Mubar mendatangkan imam salat dari Kolaka untuk memimpin salat id ini. Sementara, yang bertindak sebagai khatib nanti adalah kepala Kemenag Muna Barat, Khalifah.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Untuk salat Idulfitri ini, kita pusatkan di lapangan sepak bola Desa Guali, Kecamatan Kusambi. Untuk lokasi pelaksanaan salat id ini setiap tahun berubah, tahun 2023 lalu kita laksanakan di Kecamatan Barangka,” kata Sekda Muna Barat, LM Husein Tali di kantornya, Selasa (2/4/2024).

Kata Husein Tali, pada hari Minggu nanti di lapangan Desa Guali akan dilakukan pembersihan. Ia juga sudah memerintahkan kepala desa dan Camat Kusambi agar menyampaikan kepada masyarakat pemilik hewan ternak untuk tidak melepas sapinya di lapangan tersebut.

“Jadi, kita akan melakukan pembersihan di lokasi titik salat id ini. Kita upayakan di titik lokasi salat ini juga tidak ada hewan ternak berkeliaran,” ucapnya.

Ia mengungkapkan untuk pelaksanaan salat id baik Idulfitri ataupun Iduladha memang setiap tahun pemerintah mengubah lokasinya. Hal itu dilakukan agar Bupati Mubar mendekatkan dirinya kepada masyarakat yang ada di tiga wilayah besar di Mubar.

“Selain salat Idulfitri di Guali, Pemkab Mubar juga memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan salat di masjid, musala dan lapangan terbuka di kecamatan atau desa masing-masing,” tuturnya. (===)

 

Kontributor: Adin



google news sultratop.com
  • Bagikan