15 July 2024
Indeks

Prodi Magister Kesmas UMW Kendari Cegah Multimorbiditas Penyakit Tidak Menular di Desa Tanggobu

  • Bagikan
Prodi Magister Kesmas UMW Kendari Cegah Multimorbiditas Penyakit Tidak Menular di Desa Tanggobu

SULTRATOP.COM, KONAWE – Program Studi (Prodi) Magister Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari berupaya melakukan pencegahan penyakit tidak menular di Desa Tanggobu, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dosen Prodi Magister Kesmas Rahmawati menjelaskan, upaya ini dilakukan dengan menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema
“Literasi Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Multimorbiditas Penyakit Tidak Menular” pada Selasa (11/6/2024).

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Prodi Magister Kesmas UMW Kendari menurunkan tiga orang dosen dan satu orang mahasiswa serta melibatkan 30 orang warga setempat.

Rahmawati mengungkapkan, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan karena merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi dan merupakan tugas dosen yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian.

Penentuan tema tersebut dilaksanakan karena berdasarkan data bahwa  penyakit tidak menular khususnya hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol menjadi perhatian utama di wilayah tersebut.

Sehingga upaya pencegahan mulitmorbidtas penyakit tidak menular dapat dilakukan dengan peningkatan literasi kesehatan yang merupakan sebuah konsep yang terdiri dari empat kompetensi yakni proses mengakses, memahami, menilai, dan menerapkan informasi.

“Hasil penelitian dan kegiatan pemeriksaan kesehatan maka pengusul tertarik melaksanakan pengabdian masyarakat dengan fokus pada peningkatan literasi kesehatan masyarakat untuk upaya pencegahan multimorbiditas penyakit tidak menular ini,” kata Rahmawati kepada Sultratop.com.

Pelaksanaan kegiatan itu mendapat dukungan baik dari pemerintah desa Tanggobu dan pihak Puskesmas Morosi dan warga setempat sehingga kegiatan berjalan dengan lancar, dan pada saat proses penyuluhan peserta penyuluhan ada dua orang yang bertanya.

Prodi Magister Kesmas UMW Kendari berharap kegiatan PKM ini dapat meningkatkan literasi kesehatan multimorbidiras penyakit tidak menular dan memberikan informasi tentang peran keluarga sebagai pendamping dalam upaya pencegahan multimorbiditas penyakit tidak menular serta meningkatkan pemahaman tentang dampak multimorbiditas penyakit tidak menular.

Kemudian, dengan kegiatan PKM ini menambah luaran kegiatan dosen Prodi Magister Kesmas UMW Kendari sehingga menjadi kum untuk akreditasi.

Penulis: Ilham Surahmim

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan