14 July 2024
Indeks

Prodi Farmasi UMW Kendari Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Puasana Konsel

  • Bagikan
Prodi Farmasi UMW Kendari Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Puasana Konsel

SULTRATOP.COM, KENDARI – Program Studi (Prodi) S-1 Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Puasana, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan pada Rabu, 29 Mei 2024. Desa Puasana sendiri merupakan desa binaan Prodi S-1 Farmasi UMW Kendari.

Ketua Prodi S-1 Farmasi UMW Kendari, Mus Ifaya, mengatakan, ada empat tim yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Puasana ini, yang semuanya berasal dari Prodi Farmasi.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Pertama tim penyuluhan pemanfaatan dan pengelolaan tanaman obat untuk penyakit hipertensi dan diabetes melitus. Kedua, edukasi oleh apoteker dengan metode brief counseling terhadap pengetahuan, kepatuhan dan glukosa darah pasien tipe 2.

Selanjutnya pelatihan pembuatan teh herbal kombinasi daun kelor dan kulit jeruk nipis, dan terakhir pelatihan pembuatan produk masker wajah dari kunyit, beras dan kopi.

“Selain itu dilakukan pula pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah, asam urat, kolesterol, dan glukosa darah,” ujar Mus Ifaya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, kata Mus Ifaya merupakan bagian integral dari peran seorang dosen dalam menjalankan tugasnya. Tidak hanya sebagai pendidik dan peneliti, tetapi juga sebagai agen perubahan yang berkontribusi pada pembangunan masyarakat

Mus Ifaya berharap dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Puasana ini prodi dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat, memperluas jaringan dan kolaborasi, serta meningkatkan citra dan reputasi prodi sebagai lembaga pendidikan yang peduli dan aktif.

“Kami berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Desa Puasana serta menciptakan hubungan yang erat antara institusi pendidikan, mahasiswa, dan masyarakat yang dilayani,” ungkap Mus Ifaya.

Ia melanjutkan, kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 55 orang warga Desa Puusana. Selain itu hadir juga mahasiswa dan dosen lingkup Prodi Farmasi UMW Kendari.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Puasana beserta perangkat desa yang lain.

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan