15 July 2024
Indeks

Perbarindo Sultra Jajaki Kerja Sama dengan 10 Kampus Swasta, Berikut 4 Tujuannya

  • Bagikan
PENANDATANGANAN KERJA SAMA - Foto bersama Ketua DPD Perbarindo Sultra) Ahmat (tengah) bersama 10 rektor perguruan tinggi swasta yang ada di wilayah Sultra dan Sulawesi Selatan (Sulsel) usai penandatanganan kerja sama dalam 4 ruang lingkup kegiatan kampus dan industri BPR, Senin (23/10/2023) di STIE 66 Kendari. (Foto: Istimewa)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalin kerja sama dengan 10 perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Sultra.

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu resmi dilaksanakan oleh Ketua DPD Perbarindo Sultra Ahmat bersama 10 rektor dari perguruan tinggi swasta yang ada di Sultra, bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari pada Senin, 23 Oktober 2023.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Adapun 10 perguruan tinggi swasta dan rektor yang hadir dalam kegiatan ini, yakni Abdul Azis Muthalib dari STIE 66 Kendari, Muhammad Nasir dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lembaga Pendidikan Indonesia Makassar.

Berikutnya Mohammad Hatta dari Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Makassar, dan Masri Damang dari Institut Kesehatan dan Teknologi Bisnis Menara Bunda Kolaka.

Kemudian, Rektor Universitas Mandala Waluya Kendari Ratna Umi Nurlila, Rektor Institut Kesehatan dan Teknologi Aisyiyah Kendari Mashuni, Rektor Universitas Nahdatul Ulama Sultra, Nasruddin Suyuti.

Selanjutnya Akademik Kesehatan Konawe Yosin Ngii, Rektor Universitas Karya Persada Muna Usman Rianse dan Rektor Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Muhammadiyah Muna Barat (Mubar), Muhammad Ali Thalib.

Ketua DPD Perbarindo Sultra Ahmat menjelaskan ada empat ruang lingkup atau tujuan dari kerja sama ini.

Pertama, program inklusi dan literasi keuangan yang bertujuan untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di kalangan mahasiswa dan dosen di wilayah kampus.

Kedua, program magang mahasiswa di industri perbankan baik dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Kuliah Kerja Profesi (KKP) di seluruh BPR yang ada di Sultra.

Ketiga, program mahasiswa wirausaha usaha baru mandiri sektor keuangan. Diharapkan mahasiswa bisa menjadi wirausahawan muda yang bisa melakukan manajemen keuangan dengan baik. Termasuk bantuan dalam akses permodalan.

Keempat, program keuangan untuk dosen/tenaga pengajar di kampus. Program ini akan membantu dan memudahkan akses keuangan bagi dosen yang membutuhkan layanan pembiayaan di BPR.

“Kami berharap adanya kemitraan ini bisa menjadi bukti komitmen BPR yang hadir di semua sektor atau bidang yang dibutuhkan masyarakat, salah satunya bidang pendidikan,” kata Ahmat kepada Sultratop.com, Selasa (24/10/2023).

Untuk diketahui, kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama ini dibuka dan dihadiri langsung Ketua Penjaminan Mutu LLDIKTI Wilayah IX Makassar, Muhammad Natsir. (—-)

  • Bagikan