23 April 2024
Indeks

Pemprov Sultra Sukses Bina BPR Bahteramas hingga Raih Top BUMD 2024

  • Bagikan
Foto bersama Kepala Biro Ekonomi Setda Sultra Abdul Rajab bersama Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe Ahmat, Direktur Utama BPR Bahteramas Kendari Suryaningsih, Direktur Utama BPR Bahteramas Kolaka Sahriana, Pelaksana Direksi BPR Bahteramas Konawe Selatan Shabrul Mukjizat dan dewan pengawas BPR usai menerima penghargaan Top BUMD Award 2024, Rabu (20/3/2024) di Jakarta. (Foto: Ist)

SULTRATOP.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses membina Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bahteramas hingga 4 BPR Bahteramas meraih Top BUMD 2024 pada ajang Top BUMD Awards 2024 yang diselenggarakan majalah Top Business dan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) pada Rabu (20/3/2024) di Hotel Raffless, Jakarta.

Adapun 4 BPR yang berhasil meraih penghargaan tersebut yaitu pertama BPR Bahteramas Konawe sebagai Top BUMD bintang 5. Adapun yang mendapatkan penghargaan Top CEO, Ahmat, BPR, dan pemilik saham pengendali dalam hal ini adalah Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto dan Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba sebagai pembina BUMD terbaik.

Iklan Astra Honda Sultratop
Dirut BPR Bahteramas Konawe Ahmat saat menerima penghargaan Top BUMD Award 2024 bintang 5. (Foto: Ist)

Kedua BPR Bahteramas Kendari sebagai Top BUMD bintang 4. Adapun yang menerima penghargaannya adalah BPR itu sendiri, Top CEO Suryaningsih dan pemilik saham pengendali yaitu Pj Gubernur Sultra dan Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup.

Selanjutnya, BPR Bahteramas Kolaka dan BPR Bahteramas Konsel sebagai Top BUMD bintang 3. Masing-masing yang menerima penghargaan adalah pihak BPR.

Ajang tersebut juga didukung oleh Lembaga Kajian NawaCita (LKN), PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consulting, Melani K. Harriman dan Associate, Solusi Kinerja Bisnis (SKB), beberapa staf pengajar dari Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran, dan lainnya.

Dirut BPR Bahteramas Kendari Suryaningsih saat menerima penghargaan Top BUMD Award 2024 bintang 4. (Foto: Ist)

Kegiatan dengan tema “Penguatan Tata Kelola dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD” itu dimaksudkan untuk mendorong adanya implementasi tata kelola perusahaan yang baik dan dilakukannya inovasi dari BUMD di Indonesia untuk meningkatkan kinerja dan layanan BUMD tersebut.

Top BUMD Awards 2024 dilaksanakan selaras dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 54 tahun 2017 tentang BUMD pasal 7 dan pasal 8, bahwa pengelolaan BUMD harus didasarkan pada tata kelola perusahaan yang baik.

Penghargaan Top Pembina BUMD 2024 diberikan kepada kepala daerah baik gubernur, bupati, atau wali kota yang BUMD-nya mendapat penghargaan dalam kegiatan Top BUMD Awards  2024. Penghargaan itu diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa dalam membangunkan BUMD di Sultra.

“Dewan juri menilai, bahwa keberhasilan kinerja BUMD, tentu tidak lepas dari dukungan dan peran kepala daerahnya,” ucap Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2024, Djohermansyah Djohan dalam keterangan resminya.

Pj Gubernur Sultra yang diwakili Kepala Biro (Karo) Ekonomi Setda Sultra, Abdul Rajab menegaskan, pemerintah daerah komitmen dalam mendukung dan memperkuat peran BUMD sebagai salah satu instrumen penting dalam memajukan perekonomian daerah.

Perkembangan kinerja BUMD di Sultra juga tidak lepas dari koordinasi yang baik antara pihak Pemprov Sultra dalam hal ini Biro Ekonomi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai bentuk dukungan untuk mendorong majunya perekonomian dari sektor BUMD.

Pelaksana Direksi BPR Bahteramas Konawe Selatan Shabarul Mukjizat saat menerima penghargaan Top BUMD Award 2024 bintang 3. (Foto: Ist)

“Penghargaan ini menjadi dorongan bagi Sultra untuk terus meningkatkan kinerja BUMD, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan pembangunan daerah secara keseluruhan,” ucap Rajab.

Sebagai informasi, penerimaan penghargaan tersebut dihadiri langsung Asisten III Setda Konawe dan BPKAD Konawe. Dewan Pengawas BPR Bahteramas Kendari Buyung Sarita dan Rahmat Madjid, Dirut Bahteramas Kolaka Sahriana, Pelaksana Direksi BPR Bahtermas Konawe Selatan (Konsel), Shabarul Mukjizat dan Dewan Pengawas Bahteramas Konsel, Sahlul. (—–)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan