21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Pemkab Mubar Gelontorkan Rp1,1 Miliar Bangun Pelabuhan Rakyat Simuang dan Kabuata

  • Bagikan
Bakhrun Laemaka Siharis
Bakhrun Laemaka Siharis

SULTRATOP.COM, LAWORO – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Pemkab Mubar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan membangun dua pelabuhan (dermaga) rakyat di tahun 2024 ini.

Kedua pelabuhan rakyat ini adalah pelabuhan yang berada Pulau Simuang, Desa Tasipi, Kecamatan Tiworo Utara, dan pelabuhan rakyat Kabuata, Desa Lakawoghe, Kecamatan Kusambi.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Mubar, Bakhrun Laemaka Siharis mengatakan guna mempermudah akses transportasi laut untuk masyarakat maka Pemkab akan membangun dua pelabuhan. Pembangunan dua pelabuhan ini anggarannya telah disiapkan sekitar Rp1,1 miliar, yang bersumber dari APBD.

“Tahun 2024 ini, kita akan bangun dua pelabuhan yakni pelabuhan pulau Simuang dan Kabuata. Anggarannya sudah disiapkan,” ujar Bakhrun Laemaka Siharis di kantornya, Selasa (5/3/2024).

Menurutnya, pembangunan kedua pelabuhan rakyat ini karena kondisinya sudah rusak. Misal, pelabuhan yang ada di Pulau Simuang sudah rusak parah dan terbuat dari kayu bakau.

“Jadi, pernah waktu kita pergi tinjau pelabuhan Simuang, pelabuhannya roboh karena kondisi kayunya telah lapuk. Tahun ini kita bangun pelabuhan di Pulau Simuang ini,” ungkapnya.

Sementara untuk Pelabuhan Kabuata, Desa Lakawoghe, kata Bakhrun, pelabuhannya sudah ada. Hanya saja, pelabuhan Kabuata ini akan ditambah panjangnya saja.

“Kita ketahui, pelabuhan Kabuata ini adalah salah satu akses transportasi masyarakat Desa Katela (Pulau Katela), Kecamatan Tikep, untuk melakukan aktivitas di darat dan lainnya,” ucapnya.

Kata Bakhrun, pembangunan dua pelabuhan rakyat ini sudah ada dalam daftar pagu anggaran. Untuk itu, pihaknya menunggu proses tahapan selanjutnya.

“Untuk waktu pekerjaannya, kita menunggu hasil lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Yang pasti anggarannya sudah disiapkan,” tuturnya. (===)

 

Kontributor: Adin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan