19 April 2024
Indeks

Pasar Murah yang Digelar Lanal Kendari Diserbu Warga

  • Bagikan
Pasar Murah yang Digelar Lanal Kendari Diserbu Warga
Aktivitas di pasar murah yang digelar Lanal Kendari di pinggiran jalan pariwisata Toronipa pada Jumat (22/3/2024).(Ismu/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Pasar murah yang digelar oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari di pinggiran jalan pariwisata Kendari-Toronipa pada Jumat (22/3/2024) sukses berjalan dan diserbu warga sekitar.

Salah seorang warga Kendari Caddi, Widya mengatakan, warga merasa sangat terbantu dengan adanya pasar murah tersebut, terlebih di tengah lonjakan harga pasar yang terjadi saat ini.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Ini lebih murah dari harga pasar. Beras 5 kg seharga Rp85 ribu di pasar kita bisa beli, Rp53 ribu di sini. Begitu juga bahan pokok lainnya, lebih murah,” ungkap Widya.

Ia harap kegiatan itu rutin dilaksanakan sampai harga di pasar bisa kembali stabil. Pasalnya, kenaikan harga yang tidak seimbang dengan penghasilan masyarakat disebutnya sangat memberatkan.

Sementara itu, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Gede Dharma Yoga mengatakan, kegiatan yang diprakarsai Lanal Kendari itu mendapat bantuan dari Pemkot Kendari, Bulog, dan distributor. Ia harap kegiatan itu dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam rangka menekan inflasi.

“Semoga ini juga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya yang ada di sekitar Kendari Caddi dan kelurahan yang berdekatan lainnya,” ungkap Danlanal.

Adapun stok yang disiapkan yaitu 400 kg beras, gula, minyak goreng, bawang, dan bahan masak lainnya. Kata Danlanal, harga yang diberikan kepada masyarakat sangat terjangkau karena diambil langsung dari Bulog dan distributor.

Kendati demikian, kegiatan pasar murah tersebut hanya akan berlangsung selama 1 hari saja. Pinggir jalan pariwisata Toronipa dipilih karena selalu dilalui oleh masyarakat, terlebih dekat dengan Mako Lanal Kendari.

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Kota Kendari Abdul Rauf mengatakan, bukan hanya di lokasi itu, pemkot juga rutin melaksanakan pasar murah di beberapa titik untuk stabilisasi harga di pasaran.

“Semenjak bulan Ramadan ini kami turun di setiap kecamatan, di samping gerakan pangan yang dilakukan beberapa lembaga seperti Lanal Kendari ini. Kami berkolaborasi,” ungkapnya.

Selain itu, pada Selasa (26/3/2024) Pemkot Kendari akan kembali menggelar pasar murah di halaman parkir kantor Wali Kota Kendari selama 3 hari. Hal tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat mencukupi kebutuhan pangannya. (—–)



google news sultratop.com
  • Bagikan