23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Mengenal Sosok Ahmad, Anak Tukang Jamu yang Wakili Sultra Seleknas Paskibraka di Jakarta

  • Bagikan
Ahmad Amar Ferdiyansyah.

SULTRATOP.COM, KENDARI – Ahmad Amar Ferdiyansyah, seorang remaja asal Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil terpilih untuk mewakili daerahnya dalam seleksi nasional (seleknas) pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) di Jakarta.

Anak pertama dari empat bersaudara ini lahir di Demak, Jawa Tengah (Jateng) pada 2008. Ia anak dari pasangan Saifudin Zuhri (Alm) dan Indra Lukmawati.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Sang ibu bekerja sebagai penjual jamu keliling di Baubau dengan menggunakan sepeda motor sejak Ahmad kecil hingga saat ini. Sejak ayah Ahmad meninggal, ekonomi keluarga ditopang oleh sang ibu.

Ahmad ingin membuktikan bahwa latar belakang sederhana tidak menjadi halangan untuk meraih prestasi. Meskipun hidup dengan keterbatasan, semangatnya untuk belajar dan berlatih tidak pernah surut.

Ketekunan inilah yang membawanya sukses dalam berbagai seleksi hingga akhirnya terpilih sebagai salah satu dari enam pelajar yang wakili Sultra di Jakarta untuk seleksi paskibraka nasional.

Ia merupakan lulusan SDN 2 Nganomala Baubau, SMPN 2 Baubau, dan saat ini sedang menempuh pendidikan di SMKN 2 Baubau. Ia memiliki cita-cita menjadi seorang arsitek.

Menjadi seorang paskibraka di tingkat nasional telah diniatkan sejak belajar di sekolah dasar. Ia mengaku bahwa itu juga keinginan almarhum ayahnya.

“Bilangnya, usahakan harus bisa lolos paski sampai tingkat nasional,” ucap Ahmad menirukan pesan ayahnya.

Almarhum ayahnya bukan purnapaskibraka, melainkan hanya lulusan SMP. Kata Ahmad, satu-satunya alasan sang ayah berharap demikian adalah untuk mengharumkan nama keluarga.

Mengingat pesan itu, Ahmad senantiasa berdoa dan banyak berusaha. Ia mempersiapkan fisik, mental, public speaking, serta perawatan diri.

Pembekalan untuk 6 pelajar yang wakili Sultra di kantor Kesbangpol Sultra untuk Seleknas Paskibraka di Jakarta. (Ismu/Sultratop.com)

Mendapatkan kabar dijadikannya salah seorang perwakilan Sultra membuat Ahmad begitu gembira. Begitu pula dengan ibunya. Kata Ahmad, ibunya mengaku terharu atas capaiannya itu.

Ahmad ingin menunjukan yang terbaik agar bisa bergabung di pasukan 8 Paskibraka nasional seperti yang selalu diimpikannya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Ideologi, Wawasan Bangsa dan Karakter Bangsa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Laode Muh Al Basyir mengatakan, Sultra akan mengirimkan 6 pelajar untuk mengikuti seleksi nasional di Jakarta untuk bisa bergabung dalam paskibraka di Istana Negara.

Mereka adalah Ahmad Amar Ferdiansyah (SMKN 2 Baubau), Aldiansyah Rahmat (SMAN 1 Wangi-wangi), Lutfia Naura Syifa Hutoyo (SMAN 1 Kendari), Dian Setya Ningsih (SMAN 1 Kabawo), Keisyah Anifah Sadaoda (SMAN 4 Kendari), serta Aura Meisya Putri (SMAN 4 Kendari).

Ke-6 pelajar calon anggota paskibraka tersebut akan diberangkatkan ke Jakarta pada 9 Juni 2024 dan akan melakukan seleksi sampai dengan 13 Juni 2024. (—-)

Kontributor: Ismu Samadhani

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan