23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

81 Siswa di Sultra Ikut Seleksi Paskibraka 2024

  • Bagikan
Laode Muh. Al Basyir

SULTRATOP.COM, KENDARI – Sebanyak 81 pelajar SMK/SMA sederajat mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk tingkat provinsi dan nasional tahun 2024.

Kabid Ideologi Kesbangpol Sultra, Laode Muh. Al Basyir, mengatakan perekrutan ini melalui aplikasi transparansi paskibraka. Pendaftaran dimulai dari kabupaten kemudian diseleksi yang terbaik lalu dikirim ke provinsi.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Berdasarkan hasil identifikasi kami 81 orang yang melakukan proses seleksi dan yang bertahan kurang lebih 45 orang,” ungkap Basyir pada Jumat (7/6/2024).

Setelah seleksi dari tanggal 13-16 Mei belum ada pengumuman sampai saat ini karena prosedur penyeleksian sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Namun untuk yang terbaik itu sudah ada 2 pasang siswa persiapan nasional.

Lebih lanjut, dalam proses penyeleksian kurang lebih 7 tahapan. Tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum. Kedua tahapan seleksi ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi yang disediakan oleh BPIP RI.

Selanjutnya, tes kesehatan, tes parade, tes kemampuan baris berbaris, tes kesemaptaan dan tes psikologi wawancara serta minat bakat siswa. Ini sudah dilakukan kurang lebih 4 hari.

“Dari proses penyeleksian kami meminta untuk penurunan ambang batas ke angka 50. Karena melihat kondisi kita yang berada di wilayah daerah kepulauan. Kalau kita menggunakan ambang batas 70 maka lebih dari setengah siswa tidak mengalami kelulusan. Sebab melihat kuota yang terbatas hanya sebanyak 54 orang siswa,” ujarnya.

Tahapan seleksi sudah dilakukan akan tetapi sejauh ini belum ada pengumuman kelulusan. Di karenakan pengumuman bertahap mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten. (===)

 

Kontributor: M5

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan