28 May 2024
Indeks

Kebun Jambu Kristal Jadi Agrowisata yang Wajib Dikunjungi di Desa Alebo Konsel

  • Bagikan
Kebun Jambu Kristal Jadi Agrowisata yang Wajib Dikunjungi di Desa Alebo Konsel

SULTRATOP.COM, KONSEL – Kebun Jambu Kristal saat ini menjadi salah satu destinasi agrowisata yang wajib dikunjungi di Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari kota Kendari tempat wisata buah ini bisa dijangkau menggunakan roda dua maupun roda empat. Dari jalan poros Kendari- Konda kurang lebih 10 kilo meter menuju ke lokasi kebun jambunya.

Iklan Astra Honda Sultratop

Lebih jelasnya pengunjung dapat mencari titik kondastable pada googlemaps. Dari tempat tersebut pengunjung tinggal mengikuti penunjuk arah dengan jarak kurang lebih 1 kilo meter melewati sungai.

Pengunjung dapat berkunjung setiap hari karena kebun jambunya dibuka mulai pukul 6 pagi sampai jam 6 sore.

Untuk menikmati keindahan alam dan buah jambunya pengunjung tidak perlu membayar, kecuali jika ingin membawa pulang maka dikenakan biaya Rp15 ribu per kilogram.

Kebun Jambu Kristal Jadi Agrowisata yang Wajib Dikunjungi di Desa Alebo Konsel

Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan fasiltas gazebo secara gratis. Kemudian, ada pula kolam ikan tawar yang nantinya bisa digunakan untuk memancing.

Luas kebun jambu kristal ini mencapai 3 hektar, hanya saja belum sepenuhnya dimanfaatkan. Tempat wisata ini juga baru dibuka untuk umum mulai bulan Februari 2024 ini.

Dikutip dari alodokter, Jambu kristal atau Psidium guajava adalah varian lain dari jambu biji yang populer di Indonesia.

Jambu ini memiliki daging buah yang berwarna putih, bertekstur renyah, dan berasa manis, serta mempunyai biji yang lebih sedikit daripada jambu biji.

Jambu kristal juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah pada saluran pencernaan, termasuk diare dan sembelit.

Manfaat jambu kristal didapatkan dari berbagai nutrisi yang terkandung pada buah, daun, biji, dan kulitnya.

Penulis: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan