21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Inventarisasi Tanaman Berkhasiat Obat, Mahasiswa Prodi Farmasi UMW Kendari Gelar PKL Fitokimia di Konsel

  • Bagikan
Inventarisasi Tanaman Berkhasiat Obat, Mahasiswa Prodi Farmasi UMW Kendari Gelar PKL Fitokimia di Konsel
Mahasiswa Prodi S-1 Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari menggelar kegiatan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) Fitokimia, di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan pada Sabtu, 18 Mei 2024. (Foto: Ist)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Program Studi (Prodi) S-1 Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari menggelar kegiatan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) Fitokimia, di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Ketua Panitia PKL Wa Ode Ida Fitriah mengatakan, kegiatan PKL ini diikuti oleh 215 mahasiswa, 28 pembimbing dan panitia yang berasal dari dosen lingkup Prodi S-1 Farmasi serta perangkat Desa Mekar Jaya.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Ia mengungkapkan, kegiatan PKL ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menginventarisasi bahan alam lokal daerah pesisir dan pertambangan, khususnya tumbuhan yang kemudian dilakukan pembuatan simplisia.

Simplisia adalah bahan alamiah yang digunakan sebagai obat yang belum mengalami pengolahan apapun juga dan telah dikeringkan.

Simplisia tersebut selanjutnya akan diolah dan diteliti di Laboratoium Fitokimia Program Studi S-1 Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi UMW Kendari.

Para peserta PKL diterima oleh Kepala Desa Mekar Jaya, Heru Irvanto dan Ketua Program Studi S-1 Farmasi, Mus Ifaya.

Kegiatan kemudian berlanjut dengan pencarian tanaman yang berkhasiat obat yang dipandu oleh empat orang perwakilan dari perangkat desa.

Setelah diperoleh tanaman kemudian dilakukan pembuatan simplisia dan selanjutnya akan diolah dan diteliti di Laboratoium Fitokimia Program Studi S1 Farmasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan PKL tersebut. (—)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan