19 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Ganjar Pranowo Bahas Kedaulatan Pangan dengan Petani di Kendari

  • Bagikan
Ganjar Pranowo melakukan diskusi dengan petani asal Kolaka Timur (Koltim) di Hotel Claro Kendari, Minggu (3/12/2023). (Foto: Istimewa)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Calon Presiden Ganjar Pranowo melakukan diskusi dengan petani asal Kolaka Timur (Koltim) di Hotel Claro Kendari, Minggu (3/12/2023).

Ia menjelaskan bahwa kedaulatan pangan menjadi tugas rumah yang harus diperhatikan pemerintah ke depannya. Sebab, pangan saat ini menjadi perhatian global karena adanya ancaman krisis pangan.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu menyebutkan beberapa hal yang menjadi perhatian Ganjar- Mahfud ke depan yakni pembanguan pabrik pupuk subsidi.

Kemudian, pengolahan padi yang terpadu serta pemasaran yang berjalan maksimal dengan membentuk sistem logistik daerah.

β€œYang paling penting saat ini adalah harus satu data soal petani kita,” kata Ganjar.

Satu data petani yang dimaksud adalah mengenai data pribadi petani, alamat, lokasi lahan, status lahan, luas lahan dan apa komoditas yang ditanam.

Hal ini dibutuhkan supaya pemberian pupuk subsidi bisa tepat sasaran, sehingga bisa mengatasi permasalahan kelangkaan pupuk subsidi.

Salah satu petani Nurdin menjelaskan langsung ke Ganjar Pranowo, bahwa pupuk urea merupakan jenis pupuk yang sulit didapatkan di wilayahnya.

Selain itu, untuk jenis pupuk NPK dan NPK plus dibandrol dengan harga Rp180 ribu hingga Rp200 ribu di pasaran. Meski begitu, pupuk jenis itu juga, kadang langka untuk didapatkan petani.

Ganjar Pranowo pun berharap ke depannya data satu petani bisa berjalan maksimal sehingga cita-cita kedaulatan pangan bisa tercapai.

Untuk diketahui, Ganjar Pranowo melakukan kampanye tertutup di Kendari, Sultra dan menjadi capres pertama yang datang di Sultra. Ganjar Pranowo merupakan capres nomor urut 3 dan diusung PDIP dan PPP. (—-)

  • Bagikan