15 July 2024
Indeks

Dua Perusahaan di Sultra Buka Lowongan Kerja untuk Penyandang Disabilitas

  • Bagikan
Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto saat menghadiri Job Fair 2023 di Lippo Plaza Kendari, Rabu (29/11/2023).

SULTRATOP.COM, Kendari – Sebanyak dua perusahaan dari total 25 perusahaan yang mencari tenaga kerja melalui Sultra Job Fair 2023 di Lippo Plaza Kendari membuka lowongan untuk penyandang disabilitas.

Ketua Panitia Penyelenggara Sultra Job Fair 2023, LM Haswandy, mengatakan, kedua perusahaan tersebut yaitu PT Midi Utama Indonesia (MUI) dan FIF Group cabang Kendari.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Sebelumnya, perusahaan yang juga pernah membuka lowongan kerja untuk penyandang disabilitas diberi penghargaan pada 17 Oktober 2023 lalu oleh Menteri Ketenagakerjaan RI,” ungkapnya di Kendari pada Rabu (29/11/2023).

Menurut Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sultra itu, penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi pemerintah karena telah memberdayakan penyandang disabilitas agar dapat bekerja dalam perusahaan. Penghargaan itu diberikan kepada salah satu perusahaan skala kecil di Kota Kendari yaitu UUD Central Golden.

Di tempat yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto mengapresiasi atas inisiatif dua perusahaan yang telah membuka lowongan kerja untuk penyandang disabilitas di Sultra.

Kata dia, semua memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing baik perusahaan swasta maupun pemerintahan. Ia menjelaskan bahwa tenaga kerja penyandang disabilitas telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

” Jadi, dalam ketentuan tersebut menyatakan bahwa perusahaan swasta memiliki kewajiban 1 persen dan pemerintah 2 persen,” ucapnya.

Salah satu penyandang disabilitas yang hadir pada pembukaan Sultra Job Fair, Faharudin mengatakan, penyandang disabilitas di Sultra terbilang cukup sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Ia mengaku bahwa sebelumnya tidak pernah ada yang memfasilitasi para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan melalui lowongan kerja terbuka seperti itu.

“Ini membawa angin segar bagi penyandang disabilitas. Mewakili teman-teman disabilitas, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk Pj Gubernur Sultra dan jajarannya,” tutur Faharudin. (—-)

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan