23 April 2024
Indeks

Pj Gubernur Sultra Minta ASN Jadi Motor Penggerak Menuju Indonesia Emas 2045

  • Bagikan
Andap Budhi Revianto

SULTRATOP.COM, Kendari – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di lapangan upacara kantor Gubernur Sultra pada Rabu (29/11/23).

Iklan Astra Honda Sultratop

Menurutnya, pemerintah tidak lagi bisa menggerakkan roda pemerintahan dengan cara-cara lama. Pasalnya, dunia saat ini digerakkan oleh kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Internet of Thing (IOT), big data, sistem dan alogaritma pemrograman, coding, maupun verifikasi biometrik.

Untuk itu, dirinya menekankan kepada ASN lingkup Pemprov Sultra untuk segera bertransformasi dengan menyesuaikan diri menyikapi perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Mantan Kapolda Sultra itu mengatakan, pengoptimalan penggunaan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik merupakan salah satu cara ASN untuk menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045.

Lebih lanjut Andap membeberkan tiga kunci pelayanan terbaik untuk diberikan kepada masyarakat, yaitu amanah, berintegritas, dan respons cepat layanan publik. Kata dia, tiga hal itu merupakan komitmen untuk memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Andap mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para ASN atas capaian kinerja yang dilakukan selama ini karena telah berhasil membantu pengendalian pandemi Covid-19, pengendalian inflasi, dan juga penanganan stunting di Sultra.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen Kemenkumham RI ini juga menyelipkan peringatan tentang netralitas ASN dalam menyikapi Pemilu dan Pilkada 2024. Kata dia, ASN harus netral dan tidak boleh terlibat politik praktis.

Andap menyebut orientasi ASN saat ini terfokus dalam menjaga persatuan, kesatuan, dan keutuhan NKRI.

“Kami harap masyarakat Sultra turut mengawasi implementasinya di lapangan,” tuturnya. (—–)



google news sultratop.com
  • Bagikan