21 June 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Bawaslu Muna Barat Resmi Lantik 33 Anggota Panwascam

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaluddin Usa saat melantik 33 anggota panwascam terpilih untuk Pilkada 2024, di salah satu resto di Desa Barangka, Kecamatan Barangka, Sabtu (25/5/2024). (Adin/SULTRATOP.COM).

SULTRATOP.COM, MUNA BARAT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Muna Barat (Mubar) resmi melantik 33 panitia pengawas pemilihan kecamatan (panwascam) untuk Pilkada Serentak 2024, yang dilaksanakan di salah satu resto di Desa Barangka, Kecamatan Barangka, Sabtu (25/5/2024).

Ketua Bawaslu Muna Barat Awaluddin Usa mengucapkan selamat kepada 33 anggota panwascam terpilih yang tersebar di 11 kecamatan di Muna Barat. Masing-masing kecamatan beranggotakan 3 orang.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Dalam proses perekrutan panwascam ini, kata Awaluddin, pihaknya membagi dua tahapan yakni penerimaan bagi existing dan pendaftar baru. Ia menjelaskan untuk existing ini merupakan anggota panwascam Pemilu 2024 yang dilakukan evaluasi kinerja dan dari evaluasi kinerja panwascam yang dipertahankan 22 orang.

Kemudian, Bawaslu membuka pendaftaran baru seluas-luasnya bagi peserta yang memenuhi syarat. Dari 11 orang yang akan mengisi kekosongan, ada 79 orang yang mendaftar dan mengikuti seleksi CAT hingga seleksi wawancara.

“Jadi, menurut penilaian pimpinan Bawaslu Muna Barat, 33 anggota panwascam ini sangat layak dan patut berada di posisi ini untuk bersama-sama melakukan tugas mengawal pelaksanaan pemilihan serentak pada 27 November 2024 nanti,” kata Awaluddin Usa.

Kata Awal sapaan akrabnya dalam seleksi panwascam baru pasti ada saja dinamikanya. Misalnya, ada beberapa anggota panwascam yang berbeda kecamatan dari tempat domisilinya.

Ia menegaskan bahwa di Bawaslu ada pedoman teknis yakni 4224, di mana syaratnya berdomisili di wilayah kabupaten atau kota tempat di mana ia berdomisili. Sehingga, kesempatan ini membuka kepada mereka yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi sepanjang berdomisili di wilayah Muna Barat.

“Artinya, dari Lawa bisa mendaftar di Kusambi. Orang Tiworo bisa mendaftar di Lawa. Tetapi dalam prosesnya ada proses yang diikuti mulai dari CAT hingga wawancara untuk kita nilai kepatutan dan kelayakannya,” tambahnya.

Awal juga mengingatkan kepada seluruh anggota panwascam dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilihan, harus berpegang teguh kepada sumpah yang telah diucapkan. Tidak boleh ada gerakan atau ada tafsiran di luar dari ketentuan atau regulasi.

“Saya mengingatkan kepada 33 anggota panwascam dalam Pilkada 2024 ini, konfliknya lebih dekat dengan kita dan tensinya lebih tinggi. Saya ingatkan kalian tidak cukup bekerja dengan normal, tetapi bekerja sesuai dengan regulasi, aturan dan ketentuan. Kenapa seperti itu, ketika ada masalah atas keputusan yang Anda lakukan dalam mengawasi tahapan pemilihan, yang menyelamatkan Anda adalah regulasi bukan atasan kalian,” ucapnya.

Untuk itu, Awal meminta kepada seluruh anggota panwascam agar mengupgrade dan memperkaya pengetahuan dengan regulasi dan aturan terkait pengawasan pemilihan. Selain itu, panwascam diminta untuk netral, berintegritas tinggi dan menjalankan semua tahapan sesuai ketentuan dan norma yang berlaku karena pilkada ini adalah area konflik. (—-)

Kontributor: Adin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan