26 May 2024
Indeks

4 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Maag

  • Bagikan
Maag
Penyakit Maag. (Gambar: Pixabay)

SULTRATOP.COM – Maag adalah penyakit yang berhubungan dengan lambung yang menyebabkan rasa panas di perut, tidak nyaman, serta kembung. Karena berhubungan dengan lambung maka penting bagi penderita maag untuk menghindari jenis makanan tertentu.

Makanan penderita maag adalah yang tidak dapat membebani perut, dan makanlah makanan yang enak di perut dan mudah Anda cerna. Sebagai aturan umum, hindari makanan yang dapat mengiritasi lambung saat Anda menderita maag.

Iklan Astra Honda Sultratop

1. Makanan yang sulit dicerna

Jangan makan makanan berlemak seperti gorengan dan makanan manis, karena dapat membebani perut Anda. Selain itu, hindari daging sebab usus lambung dan usus harus bekerja keras untuk mencernanya.

2. Makanan pedas

Batasi penggunaan atau konsumsi rempah-rempah (kari, dll) dan sayuran beraroma (daun bawang, bawang putih, dll.). Bahan rempah-rempah ini bisa sangat mengiritasi lambung. Jadi, bukannya tidak boleh sama sekali, tapi harap gunakan dengan hemat.

3. Minuman berkarbonasi, alkohol, dan yang mengandung kafein

Selain makanan, minuman juga dapat merangsang lambung, jadi berhati-hatilah agar tidak berlebihan. Sebaiknya hindari yang mengandung kafein (kopi, teh, dll.) Minuman berkarbonasi juga tak baik untuk penderita maag.

Alkohol, khususnya, memiliki efek perih pada mukosa lambung, yang dapat memperparah tukak lambung.

Anda tidak perlu terlalu membatasi jika Anda dalam masa penyembuhan, tetapi mari coba menahannya tergantung pada kondisi fisik Anda.

3. Makanan dengan banyak keasaman dan garam

Hindari makanan yang banyak mengandung garam, seperti acar dan ikan kering yang mengiritasi selaput lendir lambung, serta makanan yang asam seperti cuka.

4. Dingin atau terlalu panas

Anda perlu memperhatikan tidak hanya makanannya, tetapi juga suhunya. Makanan penderita maag adalah yang tidak dingin sekali dan juga tidak terlalu panas. Maka, hindarilah makanan dingin atau terlalu panas karena dapat mengiritasi lambung.

Tips Meredakan Sakit Maag

Selain soal jenis makanan penderita maag, juga sangat penting untuk mengetahui apa yang sebaiknya Anda lakukan saat sakit maag. Misalnya Ketika Anda menderita sakit maag, penting untuk menghindari makan terlalu kenyang.

Kemudian, jangan memaksakan diri untuk makan jika mengalami gejala seperti sakit perut. Asupan cairan juga penting untuk mencegah dehidrasi.

Selanjutnya, sangat penting mengontrol pikiran untuk tidak stres. Sebab stres merangsang mukosa lambung dan mendorong perkembangan tukak lambung. Ketika stres menyebabkan, makanan dan minuman, jadi membebani perut.

Jadi, mari ciptakan lingkungan di mana Anda dapat melepaskan stres setiap hari, dan cobalah untuk tidak menumpuknya. (===)

 

Sumber: fdoc.jp



google news sultratop.com
  • Bagikan