26 May 2024
Indeks

6 Manfaat Terong untuk Kesehatan

  • Bagikan
6 Manfaat Terong untuk Kesehatan
Terong. (Foto: Pixabay)

‌SULTRATOP.COM – Manfaat terong untuk kesehatan mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung hingga membantu mengontrol gula darah dan menurunkan berat badan.

Terong adalah makanan kaya nutrisi yang mengandung serat, vitamin, dan mineral sehingga baik untuk kesehatan.

Iklan Astra Honda Sultratop

Meskipun sering dianggap sayuran, secara teknis terong adalah buah karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji.

Selain menghadirkan tekstur unik dan rasa ringan, terong ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir laman Healthline, berikut enam manfaat terong untuk kesehatan

1. Kaya Nutrisi

Terong adalah makanan padat nutrisi. Artinya mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat dalam jumlah kalori yang sedikit.

Terong juga mengandung sejumlah kecil nutrisi lain, seperti niasin, magnesium, dan tembaga.

2. Tinggi Antioksidan

Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral, terong kaya akan kandungan antosianin, sejenis pigmen dengan sifat antioksidan yang tinggi.

Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mencegah banyak jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berkat kandungan antioksidannya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terong dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa terong dapat meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi kadar kolesterol LDL dan trigliserida, meskipun masih diperlukan penelitian untuk manusia.

4. Mengontrol Gula Darah

Terong kaya akan serat dan polifenol yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Serat dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Penyerapan yang lebih lambat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Penelitian lain menunjukkan bahwa polifenol, atau senyawa tumbuhan alami, yang ditemukan dalam makanan seperti terong dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin, yang keduanya dapat membantu menurunkan gula darah.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Terong tinggi serat tetapi rendah kalori, keduanya dapat membantu menurunkan berat badan. Ini juga dapat digunakan sebagai pengganti bahan berkalori tinggi.

Oleh karena itu, terong sangat bagus untuk program penurunan berat badan.

6. Melawan Kanker

Terong mengandung beberapa zat yang menunjukkan potensi dalam melawan sel kanker.

Misalnya, solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs) adalah sejenis senyawa yang ditemukan di beberapa tumbuhan nightshade, termasuk terong.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa SRG dapat menyebabkan kematian sel kanker dan juga dapat membantu mengurangi kekambuhan jenis kanker tertentu.

Meskipun penelitian tentang topik ini terbatas, SRG terbukti sangat efektif melawan kanker kulit bila diterapkan langsung ke kulit.

Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran, seperti terong, dapat melindungi dari jenis kanker tertentu.

Nah, itulah enam manfaat mengejutkan terong yang baik untuk kesehatan. Tak ada salahnya menambahkan terong ke dalam menu makanan Anda. (—)



google news sultratop.com
  • Bagikan