15 July 2024
Indeks

Pengelola Perpustakaan Modern Sultra Terus Berinovasi untuk Tingkatkan Jumlah Kunjungan

  • Bagikan
Pengelola Perpustakaan Modern Sultra Terus Berinovasi untuk Tingkatkan Jumlah Kunjungan
Perpustakaan Modern Sultra (Foto: Putriani Amaliah/SULTRATOP.COM)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terletak di Jalan Saosao, Kecamatan Kadia, Kota Kendari terus berinovasi dalam hal layanan untuk meningkatkan jumlah kunjungan.

Kepala Bidang Deposit, Pengolahan, Pengembangan dan Observsi Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Muhammad Akbar Sanggoleo, mengatakan, pada Mei 2024 ada total 7.886 pengunjung sehingga dalam kurun waktu Januari–Mei 2024 sudah ada 15.000 lebih kunjungan.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Tahun 2022 ada total 27.186 pengunjung dan mengalami peningkatan yang signifikan di angka 87.694 pada 2023. Tahun ini kita perkirakan jumlah pengunjung akan meningkat,” ujar Akbar ditemui Kamis (13/6/2024).

Ia mengatakan, tiap tahun tidak ada target pengunjung. Namun, pihaknya berharap masyarakat sebanyak mungkin berkunjung dan memanfaatkan fasilitas yang ada, terutama koleksi-koleksi buku.

Ia juga menambahkan bahwa koleksi buku bacaan yang ada saat ini tengah ditingkatkan. Pada 2023 ada sekitar 20.000 eksemplar buku yang telah diolah dan dimasukkan dalam layanan dengan harapan dapat meningkatkan literasi baca.

Pihak pengelola juga terus meningkatkan fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung seperti menyediakan ruang baca umum, ruang baca anak, ruang baca lansia, ruang baca disabilitas.

Kemudian ruang internet, home teater, ruang baca deposit (kebudayaan lokal), naskah kuno hingga ruang terbuka yang bisa digunakan komunitas-komunitas yang ingin bekerja sama menyelenggarakan event.

“Di awal tahun kemarin ada komunitas fotografi, mereka bersurat meminta fasilitas di sini ya kami fasilitasi, bebas siapa saja,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya terbuka untuk menerima segala bentuk kerja sama atau kolaborasi dengan berbagai komunitas yang ada kaitannya dengan minat baca atau kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan literasi.

Perpustakaan Modern Sultra juga selalu mengadakan event setiap tahunnya berupa perlombaan di tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar, dan sekolah menengah pertama berupa lomba menggambar, baca puisi hingga story telling yang ke depannya akan ditingkatkan hingga jenjang sekolah menengah atas dan universitas untuk lomba menulis jurnal yang kemudian bisa dibukukan.

Ia berharap dengan adanya Perpustakaan Moderen ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat yang mulai tergeser di tengah gempuran era digitalisasi. (—-)

Kontributor: M4
Editor: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan