19 April 2024
Indeks

Pengamat Sebut AJP Paling Potensial Menangkan Pilwakot Kendari

  • Bagikan
Aksan Jaya Putra

SULTRATOP.COM, KENDARI – Sederet nama potensial mulai bermunculan menuju Pemilihan Wali Kota Kendari (Pilwakot) 2024 mendatang. Yang cukup menarik perhatian adalah kader Golkar, Aksan Jaya Putra (AJP).

Pengamat politik, Andi Taufiq Aris (ATA) menilai sosok AJP mencuat sebagai figur dengan deretan prestasi mentereng. Itu bisa menjadi bekal menonjol bagi Ketua Bappilu DPD I Golkar Sultra tersebut menatap untuk Pilwakot Kendari.

Iklan Astra Honda Sultratop

“Kami menilai Golkar selalu menjadi lumbung pemimpin potensial untuk eksekutif. Tapi untuk wilayah Sultra, AJP mengantongi skor istimewa menatap Pilwalkot Kendari mendatang,” ujar ATA yang juga Direktur Eksekutif Mitra Demokrasi Indonesia (MDI) ini pada Jumat, 29 Maret 2024.

Pada Pileg 2024 ini, AJP yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Sultra kembali terpilih lewat Dapil Sultra I dengan tren perolehan suara meningkat positif.

Ketua MKGR Sultra itu juga sukses menjadi motor penyangga optimalnya perolehan suara di Kota Kendari.

Dikatakan ATA, publik tidak mungkin mengingkari bagaimana AJP sukses menjadi agregator bagi Golkar Kota Kendari. Gerakan AJP lewat kanal MKGR dan status sebagai Ketua Bappilu Sultra seperti sumbu yang membuat sepak terjang Golkar di pileg menjadi sangat positif.

Di Pileg 2024 ini, Golkar Kendari berhasil meraih kursi Ketua DPRD dengan torehan enam kursi. Raihan ini menggembirakan mengingat Golkar Kendari membutuhkan hanya satu kursi tambahan untuk bisa mengusung calon wali kota di Kendari.

“Syaratnya tujuh kursi karena DPRD Kendari diisi 35 kursi DPRD. Prestasi ini saya yakini menjadi catatan spesifik bagi DPP untuk menentukan kader usungan di Pilwalkot Kendari mendatang. Otentisitas AJP sebagai kader partai juga terjaga sejak ia bergabung dengan Golkar,” terang ATA lagi.

Dia juga menyinggung, secara personal AJP menjadi sosok yang banyak dibicarakan karena catatan-catatan prestasi individualnya.

Pada tahun 2022, AJP dianugerahi The Best Leadeship dari Indonesia Magazine Achievement. Di tahun berikutnya, AJP juga mengantongi penghargaan Sultra Award Kendari Pos 2023.

Satu lagi, tidak banyak tokoh politik Sultra yang punya kepedulian tinggi pada dunia olahraga. AJP selaku Ketua KONI Konsel menebar banyak jasa memajukan dunia olahraga Sultra lewat sejumlah turnamen olahraga yang dihelat.

“Jadi, kami yakin, akumulasi prestasi di jalur politik, ditambah nilai plus personality AJP di bidang lain sangat cukup bagi DPP memberi kesempatan AJP mengabdi di level yang lebih luas selaku wali kota Kendari,” tutup Taufiq. (——)

Penulis: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan