14 July 2024
Indeks

Lanal Kendari dan Stakeholder Terkait Laksanakan Simulasi Mitigasi Bencana

  • Bagikan

SULTRATOP.COM, KENDARI – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan simulasi mitigasi bencana bersama stakeholder terkait seperti BPBD Sultra, BMKG, dinas kesehatan, dinas sosial, Basarnas, serta elemen TNI-Polri di lapangan komplek TNI AL Kendari pada Selasa (5/3/2024).

Kepala Dinas Potensi Maritim TNI AL (Kadispotmaral) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Gatot Mardiyono mengatakan, kegiatan rutin tahunan yang digelar tersebut merupakan implementasi dari materi yang telah diterima sebelumnya.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari sejak 4 Maret kemarin. Hari ini praktek simulasinya. Sehingga para personel yang terlibat mengetahui tugas dan tanggung jawabnya,” ungkap Gatot.

Kegiatan simulasi tersebut juga melibatkan masyarakat setempat sehingga diharapkan masyarakat bisa mengetahui apa yang harus dilakukan apabila ke depannya terjadi bencana alam, baik gempa bumi, tsunami maupun longsor.

Gatot mengaku kegiatan yang sama telah diselenggarakan di Lanal Banten pada pekan lalu. Saat ini di Lanal Kendari, dan kemudian selanjutnya akan dilaksanakan di daerah Jayapura.

“Keterlibatan masyarakat yang terdampak sangat perlu agar mereka mengerti ke mana harus pergi evakuasi ataupun melapor dan sebagainya,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang tinggal di sekitar komplek Lanal Kendari, Nurjannah menuturkan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk pengetahuan masyarakat tentang kebencanaan.

“Sehingga, jika suatu saat terjadi bencana, kita tahu apa yang harus kita lakukan dan tau arah mau ke mana,” ucap Nurjannah. (—-)

Kontributor: Ismu Samadhani
Editor: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan