14 July 2024
Indeks

Jelang Pilkada 2024, Pemkot Kendari Aktifkan Siskamling

  • Bagikan
Jelang Pilkada 2024, Pemkot Kendari Aktifkan Siskamling
Jelang Pilkada, Pemkot Kendari resmi mengaktifkan kembali Siskamling. (Ismu/Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang resmi diluncurkan pada Selasa (2/7/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengatakan, program siskamling seyogyanya telah ada sejak masa pemerintahan Belanda. Namun, di beberapa daerah di Indonesia saat ini masih mencanangkan program tersebut.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

“Keamanan dan ketertiban adalah investasi yang membutuhkan kerja sama bersama. Gangguan kamtibmas sangat rentan terjadi, apalagi menjelang pilkada. Untuk itu, dukungan RT/RW dan masyarakat sangat dibutuhkan dan sudah menjadi tanggung jawab bersama di lingkungan masyarakat masing-masing,” ungkapnya.

Yusup menyebut, kegiatan siskamling selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban juga bermanfaat untuk menjaga silaturahmi dan memperkuat persatuan sehingga tercipta masyarakat yang rukun dan kompak.

Siskamling juga diaktifkan untuk mengkoordinasikan langkah-langkah strategis guna menjaga situasi yang kondusif dan meminimalisir potensi kerusuhan warga dalam menggunakan hak pilihnya. Kata Yusup, keberhasilan pilkada yang demokratis dan adil sangat bergantung pada partisipasi aktif semua pihak terkait di lingkungan masing-masing.

Di tempat yang sama, Camat Kendari, LM Maluadi Poto mengatakan, sejak beberapa hari lalu pihaknya telah melibatkan RT/RW untuk memastikan siskamling dimaksimalkan berjalan dengan baik. Ia menilai siskamling itu sangat bermanfaat untuk masyarakat Kendari.

“Memang selama ini mati suri. Cuma tahun ini bisa diaktifkan kembali,” ujar LM Maluadi Poto.

Selanjutnya, ia akan kembali melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait siskamling agar bisa dijalankan dalam minggu ini. Menurutnya, siskamling itu sangat bermanfaat, bukan hanya menjaga ketertiban, tetapi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Khusus di Kecamatan Kendari, telah disiapkan 1 RT 1 pos siskamling. Namun, jika kondisi wilayah yang dinilai kecil maka akan digabung menjadi 2 RT 1 pos siskamling. Sementara jadwalnya senin hingga minggu dengan personel jaga 7 hingga 8 orang dalam semalam oleh warga. (===)

Kontributor: Ismu Samadhani

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan