24 May 2024
Indeks

BPVP Kendari Buka Pendaftaran Pelatihan, FKLPI Sultra: Ayo Segera Daftar

  • Bagikan
BPVP Kendari Buka Pendaftaran Pelatihan, FKLPI Sultra: Ayo Segera Daftar
FKLPI SULTRA - Ketua FKLPI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Ahmat (tengah) saat berfoto bersama peserta pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggaran BPVP Kendari. (ISTIMEWA)

SULTRATOP.COM, KENDARI – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari membuka pendaftaran program pelatihan berbasis kompetensi bagi masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga 4 Maret 2024.

Kepala BPVP Kendari Arman mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan program yang sudah berjalan dan terus melahirkan calon tenaga kerja dan pengusaha yang terampil di bidang pelatihannya masing-masing.

Iklan Astra Honda Sultratop

Ia menjelaskan, pelatihan yang diselenggarakan BPVP Kendari tidak dipungut biaya atau gratis, mulai dari proses pendaftaran hingga proses pelatihan usai.

Kepala Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Kerja dengan Industri (FKLPI) Provinsi Sultra Ahmat mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan momentum ini. Terutama generasi muda yang ingin bekerja di perusahaan besar atau yang mau membuka usaha sendiri.

“Kami dari FKLPI mendorong agar informasi pelatihan dari BPVP Kendari bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat di Sultra,” kata Ahmat.

Menurutnya, FKLPI sebagai fasilitator dalam pemenuhan supply and demand tenaga kerja terampil ke perusahaan ternama di Sultra terus berupaya mendorong pengurangan angka pengangguran di Sultra. Salah satunya melalui pelatihan BPVP Kendari.

Selain itu, Direktur Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe itu juga menegaskan, pihaknya memberikan ruang bagi lulusan BPVP Kendari yang ingin mengembangkan usaha sendiri dengan membantu akses permodalan di bank serta memberikan pendampingan pengelolaan keuangan.

Sekretaris FKLPI Sultra Asraf menyebutkan ada tiga program pelatihan yakni mobil bensin dan diesel, perhotelan atau food and beverage, service mobil bensin atau pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi.

Kemudian ada juga program pelatihan lainnya yakni pengelola administrasi perkantoran, practical office advance, tata rias pegantin hantaran, pemasangan pembangkit listrik tenaga surya off-grid, menjahit pakaian sesuai style dan juru gambar bangunan gedung.

Untuk diketahui, persyaratan dokumen yakni copy KTP/paspor, copy ijasah terakhir, kartu pendaftaran (unduh dari aplikasi SIAPkerja). Persyaratan umum peserta, memiliki akun siapkerja dan belum pernah mengikuti pelatihan di tahun yang sama.

Berstatus sebagai pencari kerja, tidak sedang menempuh pendidikan formal atau pelatihan di tempat lain. Usia minimal 18 tahun dan memilih kartu identitas yang sah seperti KTP. Khusus peserta laki-laki, panjang rambut maksimal 12 centimeter (cm) saat mengikuti pelatihan.

Cara daftar pelatihan BPVP Kendari:

1. Buat akun SIAPkerja (bisa didownload di palystore/ Appstore) atau siapkerja.kemenaker.go.id
2. Buka tab “SKILL HUB” klik “search”, ketik nama lembaga BPVP Kendari
3. Pilih program pelatihan yang diinginkan
4. Pilih “DAFTAR SEKARANG”
5. Pendaftaran berhasil
6. Klik “lihat pelatihan”
7. Klik “tanda pendaftaran”
8. Unduh kartu pendaftaran

BPVP Kendari untuk tahap seleksi dilakukan mulai 6 Maret 2024.



google news sultratop.com
  • Bagikan