23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

7 Tempat Wisata di Konawe Kepulauan yang Wajib Dikunjungi

  • Bagikan
7 Tempat Wisata di Konawe Kepulauan yang Wajib Dikunjungi
Pantai Tengkera Konawe Kepulauan (Foto Sultratop.com)

SULTRATOP.COM, KONAWE KEPULAUAN– Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) merupakan salah satu daerah pemekaran baru di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang memiliki berbagai pilihan tempat wisata yang wajib kalian kunjungi saat liburan ke sana.

Berikut 7 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Wawonii, Konkep:

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

1. Pantai Kampa

Pantai Kampa merupakan pantai yang berada di Desa Wawobili, Kecamatan Wawonii Barat. Akses dari pusat kota Langara bisa dijangkau menggunakan roda dua maupun roda empat. Waktu tempuh untuk sampai di sana kurang lebih 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 15 kilo meter kondisi jalan pengerasan. Pantai Kampa memiliki garis pantai dengan pasir putih yang panjangnya kurang lebih 1 kilo meter.

Kemudian, sekitaran pantai banyak ditumbuhi pohon kelapa dan berbagai jenis tanaman lainnya yang hidup di wilayah pesisir. Momen tepat untuk menikmati keindahan pantai kampa yakni di pagi hari karena kalian bisa melihat sunrise.

Pemerintah setempat juga telah membangun sejumlah vila yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin bermalam di Pantai Kampa.

2. Air Terjun Tumburano

Air Terjun Tumburano adalah air terjun terindah di Konkep dengan ketinggian sekitar 30-40 meter dan memiliki tingkatan. Air terjun ini juga salah satu yang tertinggi di Sultra. Lokasinya berada di Desa Lansilowo Kecamatan Wawonii Utara.

Untuk sampai di tempat wisata ini dari Kota Langara kurang lebih 40-50 kilo meter dengan waktu tempuh 1 jam menggunakan roda dua maupun roda empat.

Keindahan air terjun Tumburano juga ditambah dengan kondisi alam sekitarnya yang masih terjaga dengan banyak jenis pepohonan yang menjulang tinggi seperti pada hutan tropis. Air terjun ini memiliki kolam air yang digunakan pengunjung untuk berenang.

3. Sungai Mosolo

Sungai Mosolo atau permandian kali biru berada di Desa Mosolo, Kecamatan Wawonii Timur. Dari Kota Langara jaraknya sekitar 56 kilo meter dengan waktu tempuh 1,5 jam dengan menggunakan roda dua maupun roda empat.

Sungai ini memiliki aliran air yang jernih dengan batuan kali berwarna hitam. Terdapat salah satu kolam permandian yang nampak kebiruan airnya dengan kedalaman kurang lebih 7 meter. Airnya jernih dan dingin.

Sekitar kawasan juga masih terjaga alamnnya dengan banyak pepohonan hijau yang memang tumbuh di wilayah bantaran sungai.

4. Pantai Tengkera

7 Tempat Wisata di Konawe Kepulauan yang Wajib Dikunjungi
Pantai Tengkera (Foto Sultratop.com)

Pantai Tengkera merupakan pantai dengan garis pantai yang cukup panjang dan pasir berwarna putih. Sekitar pantainya banyak ditumbui pohon kelapa dan berada di pinggir jalan poros lingkar Wawonii.

7 Tempat Wisata di Konawe Kepulauan yang Wajib Dikunjungi
Pantai Tengkera (Foto Sultratop.com)

Pantai ini berada di Desa Sukarela Jaya, Kecamatan Wawonii Tenggara. Dari pusat Kota Langara waktu tempuhnya kurang lebih 1,5 jam dengan kondisi jalan mulus atau sudah teraspal.

Untuk sampai ke pantai dari jalan poros kalian harus tracking sekitar 10 menit dan harus turun dari atas tebing batu. Jadi, kalian harus berhati-hati saat berkunjung ke tempat ini.

5. Pantai Puuesa

Pantai Puuesa salah satu yang juga berada di Kecamatan Wawonii Tenggara, dari pusat Kota Langara jaraknya kurang lebih 60 kilo meter dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Pantai ini berada sebelum Pantai Tengkera.

Keindahan Pantai Puuesa yakni adanya ikon batu terbelah yang berada di tengah laut. Kemudian di sekitaran pantai ada tebing batu yang menjulang tinggi di tambah dengan pohon kelapa yang tumbuh di sekitaran garis pantai.

Pasirnya berwarna putih kecoklatan dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang. Untuk sampai kesini, pengunjung harus tracking melewati hutan sekitar 1 kilo meter. Kalian harus berhati-hati karena medannya cukup curam dan banyak batu cadas.

Tapi rasa lelah kalian akan terbayarkan ketika sudah memasuki kawasan pantai ini.

6. Batu Terbelah

7 Tempat Wisata di Konawe Kepulauan yang Wajib Dikunjungi
Wisata Batu Terbelah (Foto Sultratop.com)

Batu Terbelah merupakan spot permandian air payau yang berada di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Wawonii Barat. Dari pusat kota Langara jaraknya kurang lebih 10 kilo meter. Untuk lokasi persisnya berada di pinggir jalan menuju Pantai Kampa.

7 Tempat Wisata di Konawe Kepulauan yang Wajib Dikunjungi
Wisata Batu Terbelah (Foto Sultratop.com)

Untuk sampai ke tempat ini pengunjung harus tracking sekitar 50 meter. Batu terbela memiliki air yang jernih dan berwana kebiruan bila dilihat dari atas. Panjang kolam airnya kurang lebih 10 meter dan kedalamannya bisa sampai 7 meter.

Sekitar kawasan wisata ini banyak ditumbuhi pepohonan dan tanaman-tanaman yang rindang dan menambah kealamian dari tempat ini.

7. Pantai Kelapa Kuning

7 Tempat Wisata di Konawe Kepulauan yang Wajib Dikunjungi
Pantai Kelapa Kuning (Foto Sultratop.com)

Pantai Kepala Kuning merupakan salah satu pantai yang dikelola secara pribadi oleh masyarakat setempat. Lokasinya juga berada di Kecamatan Wawonii Barat dan berada setelah wisata batu terbelah dan sebelum Pantai Kampa.

Untuk masuk kesini pengujung harus membayar retribusi masuk anak-anak Rp2.000 dan dewasa Rp5.000. Dinamakan pantai kelapa kuning karena sepanjang garis pantai pengelola menanam kelapa kuning dengan rapi.

Pantai ini memiliki pasir putih dan terdapat fasilitas gazebo dan kamar mandi sehingga pengunjung bisa nyaman berkunjung ke sini.

Penulis: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan