28 May 2024
Indeks

205 Peserta Calon PPK di Muna Barat Ikuti Seleksi CAT

  • Bagikan
Ketua KPU Muna Barat, La Tajudin didampingi komisioner lainnya saat memantau pelaksanaan seleksi CAT peserta calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilaksanakan di SMAN 1 Tikep, Senin (6/5/2024). (Adin/SULTRATOP.COM).

SULTRATOP.COM, MUNA BARAT – Sebanyak 205 peserta calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024 di Muna Barat mengikuti seleksi computer assisted test (CAT) yang dilaksanakan di SMAN 1 Tikep, Senin (6/5/2024).

Ketua KPU Muna Barat La Tajudin mengatakan, jumlah pendaftar yang mengakses aplikasi Siakba KPU berjumlah 223 orang dan yang merampungkan berkasnya 205 orang. Sisanya sebanyak 18 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) berdasarkan hasil verifikasi administrasi.

Iklan Astra Honda Sultratop

Tajudin menjelaskan, 18 peserta yang dinyatakan TMS disebabkan ada beberapa peserta ditemukan aktif dalam partai politik. Kemudian, dalam dokumen berkas baik fisik dan yang diunggah itu berbeda, dan ada juga peserta yang tidak menyerahkan berkas fisik.

“Jadi, yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi CAT ini sebanyak 205 peserta. Sementara, untuk kuota yang disiapkan 55 orang. Dari 11 kecamatan yang ada di Muna Barat, masing-masing kecamatan ada lima orang,” kata La Tajudin ditemui di lokasi CAT.

Kata Tajudin, dari hasil seleksi CAT ini akan diambil tiga kali kebutuhan. Seleksi CAT ini juga dijadwalkan akan dilaksanakan selama dua hari, dan dalam sehari dilakukan tiga sesi.

“Hasil seleksi kita akan ambil tiga kali kebutuhan. Jika dalam satu kecamatan didapatkan pesertanya tidak sampai tiga kali kebutuhan, seleksi tesnya tetap dilakukan dan tentunya akan berlanjut di seleksi tes wawancara,” ucapnya.

“Jadi, misalkan tiap kecamatan dibutuhkan 5 orang, dikalikan tiga berarti 15 orang. Dan 15 orang ini akan mengikuti seleksi selanjutnya atau tes wawancara,” tambahnya.

Menurutnya, penerimaan anggota PPK dengan motode CAT merupakan bentuk keterbukaan KPU Mubar. Sebab, para peserta dapat mengetahui hasil tesnya setelah mengikuti tes.

“Hasil seleksi CAT ini akan ditentukan sesuai sistem perangkingan. Kita rangking dari nilai tertinggi sampai seterusnya. Kemudian, hasil seleksi CAT dan wawancara kita akan umumkan, dan kita akan meminta tanggapan masyarakat,” tuturnya. (—-)

Kontributor: Adin
Editor: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan