23 July 2024
Indeks
Iklan Sultratop

Tips Liburan Hemat ke Banda Neira dari Kota Kendari

  • Bagikan
Tips Liburan Hemat ke Banda Neira dari Kota Kendari

SULTRATOP.COM, KENDARI – Banda Neira merupakan salah destinasi tujuan wisata yang saat ini banyak diminati masyarakat Indonesia. Destinasi tersebut berada di Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Melalui artikel ini, redaksi Sultratop.com akan memberikan tips liburan hemat dan perkiraan biaya dari Kota Kendari ke Banda Neira:

Iklan Astra Honda Motor Sultratop
Tips Liburan Hemat ke Banda Neira dari Kota Kendari
Benteng Belgica

Tips liburan hemat Pertama, untuk sampai di sana, kalian harus memesan tiket kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni). Dari Kota Kendari terlebih dahulu berangkat ke Kota Baubau menggunakan kapal cepat dengan harga tiket Rp245 ribu.

Kemudian, dari Baubau menuju Banda Neira menggunakan KM Nggapulu dengan harga tiket Rp400 ribu. Pemesanan tiket melalui aplikasi Pelni Mobile dan sebaiknya kalian memesan dua sampai tiga minggu sebelum keberangkatan.

Kedua, siapkan makanan ringan untuk dikonsumsi selama perjalanan karena biaya snack di kapal harga cukup mahal. Dari Kota Baubau waktu perjalanan 1 hari 12 jam untuk sampai di Banda Neira, dan transit di Kota Ambon, Maluku.

Untuk makan selama perjalanan, kalian tidak perlu khawatir karena tiket KM Nggapulu sudah free makan tiga kali sehari. Sementara itu harga makanan yang dijual di kapal berkisar dari Rp30 ribuan.

Ketiga, kalian harus melakukan survei terlebih dahulu melalui internet dan media sosial mengenai harga penginapan, biaya guide lokal dan transportasi selama berlibur di Banda Neira.

Berdasarkan pengalaman redaksi Sultratop.com, biaya penginapan berkisar dari Rp250 ribu hingga Rp375 ribu rupiah per malam. Sedangkan biaya transportasi kapal untuk berkunjung ke sejumlah pulau seperti Pulau Lonthoir itu Rp5 ribu rupiah sekali jalan.

Tips Liburan Hemat ke Banda Neira dari Kota Kendari
Foto pulau Banda Neira dari Puncak Gunung Api Banda

Sedangkan untuk carter kapal seharian berkeliling berkisar Rp1,5 juta, sewa guide per hari Rp300 ribuan. Nah tips, biar harga murah kalian bisa mencari trip share cost dengan wisatawan dari daerah lain yang juga ingin berkunjung ke Banda Neira.

Kalian bisa menemukan itu disejumlah group seperti backpacker indonesia. Atau bisa mencari informasi di media sosial. Untuk biaya hidup seperti makanan di Banda Neira terbilang murah karena mulai dari harga Rp15 ribuan.

Keempat, aturlah jadwal dan pilih tempat/destinasi wisata di Banda Neira yang kamu akan kunjungi mulai dari yang paling jauh. Supaya etimasi waktu kapal ketika kembali ke Banda Neira dari Fakfak, Papua bisa cukup. Hitungan waktu liburan hingga KM Nggapulu kembali ke Banda Neira itu 4 hari.

Sejumlah spot di Banda Neira yang wajib kalian kunjungi yakni, Benteng Belgica, Rumah Pengasingan Bung Hatta, Rumah Pengasingan Bung Syahrir, Rumah Budaya dan Istana Mini.

Selanjutnya, Pulau Syahrir atau Pulau Pisang, Pulau Lonthoir di sana ada Benteng Holandia, Pohon sejuta umat yang paling viral di medsos, sumur pusaka dan kebun pala.

Selain itu bisa santai di The Maulana Resort, Gunung Api Banda, Pulau Karaka, Lava Flow spot snorkeling dan diving, Pulau Hatta, Pulau Ay, Pulau Rhun dan Pulau Nailaka.

Tips Liburan Hemat ke Banda Neira dari Kota Kendari
Rumah Pengasingan Bung Hatta

Kelima, bulan terbaik untuk berlibur ke Banda Neira yakni akhir Oktober dan sepanjang November karena saat ini musim kemarau dan air laut Banda lagi teduh.

Perkiraan Biaya dari Kendari ke Banda Neira

Tips Liburan Hemat ke Banda Neira dari Kota Kendari
Pohon Sejuta Umat

Berdasarkan pengalaman redaksi Sultratop saat mengikuti program sharecost dalam perjalanan menuju ke Banda Neira dari Kota Kendari tim mengahabiskan dana sekitar Rp3,5 juta.

Apabila kalian memilih untuk solo travelling kemungkinan kalian bisa menghabiskan sekitar 4 sampai 5 juta rupiah. Akan tetapi artikel ini bukan satu-satunya rujukan untuk tips liburan hemat ke Banda Neira.

Penulis: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan