24 July 2024
Indeks

Sempat Dihentikan, Pemungutan Suara Lanjutan di 2 TPS di Mubar Kembali Dilanjutkan

  • Bagikan
Sempat Dihentikan, Pemungutan Suara Lanjutan di 2 TPS di Mubar Kembali Dilanjutkan
Antusias warga Desa Tanjung Pinang saat menyalurkan hak pilihnya pada Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di TPS 2, Selasa (20/2/2024). (Adin Nre/sultratop.com)

SULTRATOP.COM, LAWORO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar) kembali melaksanakan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di dua tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kecamatan Kusambi. TPS tersebut yakni TPS 2 Desa Lapokainse dan TPS 2 Tanjung Pinang.

Sebelumnya, pemungutan suara di kedua TPS ini dihentikan oleh Bawaslu Mubar pada 14 Februari 2024 lalu lantaran ada kertas suara DPRD Provinsi yang masuk dari daerah pemilihan (Dapil) 6 yakni Kabupaten Konawe, Konawe Utara, dan Konawe Kepulauan.

Iklan Astra Honda Motor Sultratop

Kepala Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Mubar Samsul mengatakan, berdasarkan hasil rapat bersama bahwa PSL di dua desa dilaksanakan pada hari ini. Untuk kesiapan pelaksanaan PSL ini sudah dilakukan dengan mengarahkan penyelenggara tingkat bawah menyalurkan surat pemberitahuan pemungutan suara (C6).

“Kami pastikan PSL dan perhitungan suara akan berlangsung sesuai asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” kata Samsul ditemui di TPS 2 Tanjung Pinang, Selasa (20/2/2024).

Sempat Dihentikan, Pemungutan Suara Lanjutan di 2 TPS di Mubar Kembali Dilanjutkan
Samsul

Samsul menjelaskan, dalam PSL ini jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada TPS 2 Desa Lapokainse sebanyak 237 orang. Sementara, untuk DPT TPS 2 Desa Tanjung Pinang berjumlah 290 orang dan yang tersalurkan C6 sebanyak 267 orang.

“Pada tanggal 14 Februari 2024 lalu, di dua TPS ini sebelumnya sudah ada yang telah menyalurkan suaranya. Misalkan, TPS 2 Desa Lapokainse sebanyak 67 orang sudah memilih dan TPS 2 Desa Tanjung Pinang sebanyak 32 orang,” bebernya.

“Jadi, yang sudah memilih tanggal 14 Februari 2024 lalu, hanya mendapatkan satu kertas suara yakni DPRD Provinsi. Sementara, warga yang belum menyalurkan hak suaranya diberikan lima lembar kertas suara,” tambahnya.

Pantauan awak media, pada PSL di dua TPS ini warga antusias menyalurkan hak pilihnya. Terlihat Ketua Bawaslu Sultra, Iwan Rompo bersama Ketua Bawaslu Mubar, Awaluddin Usa dan jajarannya sedang memantau jalannya PSL ini.

Turut hadir pula Ketua KPU Mubar La Tajudin, Kepala Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Mubar, Samsul dan jajarannya. Aparat kepolisian yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Muna, Kompol Muh Ogen dan personel Polsek Kusambi serta aparat TNI. (——)

Kontributor: Adin
Editor: Ilham Surahmin

IKUTI BERITA DAN ARTIKEL KAMI

  • Bagikan