26 May 2024
Indeks

Ringankan Beban Kerja, Kadis Dikbud Muna Barat Tunjuk Kepala Bidang Jadi KPA

  • Bagikan
Ringankan Beban Kerja, Kadis Dikbud Muna Barat Tunjuk Kepala Bidang Jadi KPA
Ahmad Ramadan

SULTRATOP.COM, MUNA BARAT – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna Barat, Ahmad Ramadan, mengungkapkan sejak setahun yang lalu sudah menunjuk kepala bidangnya untuk menjadi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Hal itu dilakukan untuk meringankan beban kerjanya.

“Kenapa saya KPA-kan sebagian pada bidang karena ini merupakan kebijakan pimpinan dengan beban tugas yang sangat banyak dalam membantu pimpinan. Jadi ini memudahkan kerja saya sebagai pimpinan di dinas menunjuk KPA pada bidang di dikbud,” kata Kepala Dikbud Muna Barat, Ahmad Ramadan, Sabtu (6/4/2024).

Iklan Astra Honda Sultratop

Meski sudah melimpahkan sebagian KPA pada bidang, kata Ramadan, ia tetap sebagai pengguna anggaran (PA) dan tetap mengontrol kerja KPA pada masing-masing bidang.

“Jadi semua ini inisiasi kami untuk melimpahkan tanggung jawab KPA pada bidang. Sehingga ini memudahkan beban kerja pada dinas pendidikan dan kebudayaan,” ucapnya.

“Secara pribadi, saya tidak masalah. Justru meringankan beban kerja kita sebagai PA,” tambahnya.

Ramadan menegaskan KPA yang ditunjuk juga tidak semena-mena. Mereka tetap melakukan koordinasi dengan dirinya untuk melaksanakan kegiatan.

“Kuasa itu lahir dari saya, tetap kita kontrol mereka (KPA). Intinya itu tidak melanggar. Jadi ketika beban kerja saya berat, kita boleh mendelegasikan tugas-tugas kita ke bidang untuk menjadi KPA,” ungkapnya.

Menurutnya, urusan wajib ini berat tanggung jawabnya. Sehingga, di saat ia melimpahkan tugasnya kepada KPA tidak masalah.

“Jadi, pengalihan KPA ini saya kira wajar-wajar saja. Dan ini sudah berjalan dua tahun,” tuturnya. (—–)

Kontributor: Adin
Editor: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan