28 May 2024
Indeks

Program Padat Karya Ciptakan Lapangan Kerja Baru kepada Masyarakat Sekitar Bandara Sugimanuru

  • Bagikan
Kepala UPBU Sugimanuru, Mohamad Khusnudin saat menggelar program padat karya bersama masyarakat sekitar bandara, Rabu (24/4/2024). (Foto: Ist)

SULTRATOP.COM, MUNA BARAT – Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sugimanuru mulai menggelar program pemberdayaan masyarakat padat karya untuk menciptakan lapangan kerja baru kepada masyarakat di sekitar bandara. Program padat karya ini merupakan instruksi Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

“Alhamdulillah, kita (Bandara Sugimanuru) mulai hari ini melaksanakan program pemberdayaan masyarakat padat karya. Program ini dapat membuka lapangan kerja baru kepada masyarakat yang ada di sekitar bandara,” kata Kepala UPBU Sugimanuru, Mohamad Khusnudin di kantornya, Rabu (24/4/2024).

Iklan Astra Honda Sultratop

Khusnudin menjelaskan program padat karya merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang pro rakyat kalangan bawah dalam pendapatan. Prinsip pelaksanaan padat karya adalah menciptakan lapangan kerja dengan tenaga kerja lokal dan upah yang dapat diberikan secara tunai sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sasaran spesifik program padat karya ini adalah masyarakat sekitar bandara yang tidak memiliki lapangan kerja tetap, miskin dan tulang punggung keluarga. Upah yang diberikan sesuai dengan upah harian minimum atau menyesuaikan UMR dari daerah setempat.

Khusnudin membeberkan jenis pekerjaan dalam program padat karya ini adalah jenis pekerjaan yang bukan bersifat kompleks, sensitif, dan atau keahlian khusus. Jenis pekerjaannya seperti, penanaman pohon, pengecetan, pemeliharaan bangunan yang sifatnya sederhana, pembersihan atau pembuatan saluran air atau drainase, pembersihan ilalang atau semak belukar dan sebagainya.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias dengan program padat karya ini. Sebab, sebelumnya kita juga sudah sangat sering melaksanakan bantuan sosial (bansos) seperti pemberian santunan kepada kaum lansia, masyarakat kurang mampu dan lainnya,” tuturnya.

Untuk itu, Khusnudin berharap program padat karya ini dapat menambah penghasilan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yang paling utama dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitar bandara.

Sebagai informasi, luas lahan Bandara Sugimanuru adalah 131 hektare. (—-)

Kontributor: Adin



google news sultratop.com
  • Bagikan