28 May 2024
Indeks

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Inpres hingga Kunjungi Pasar Kambara di Muna Barat

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) tahun 2023 yang berada di Desa Abadi Jaya-Sangia Tiworo, Senin (13/5/2024). (Foto: Ist)

SULTRATOP.COM, MUNA BARAT – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (13/5/2024).

Dalam agenda kunjungan kerjanya di Muna Barat, Presiden Jokowi mengunjugi Pasar Rakyat Kambara yang berada di Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tikep, juga meresmikan pembangunan inpres jalan daerah (IJD) tahun 2023 yang berada di Desa Abadi Jaya-Sangia Tiworo.

Iklan Astra Honda Sultratop

Presiden Joko Widodo didampingi beberapa menteri yakni Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Agus Subiyanto, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, Pj Bupati Muna Barat La Ode Butolo, dan lainnya.

Sekitar pukul 13.45 WITA, Presiden Jokowi tiba di Pasar Rakyat Kambara dan menyapa para pedagang serta warga yang ada di pasar tersebut. Sembari menyapa, Jokowi juga membagikan bingkisan dan baju kaos kepada masyarakat.

Usai mengunjungi Pasar Rakyat Kambara, Presiden Jokowi langsung menuju pada agenda utama yakni meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Muna Barat.

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Pasar Rakyat Kambara di Kelurahan Tiworo, Kecamatan Tikep, Muna Barat. (Foto: Ist)

Presiden Jokowi mengatakan, sepanjang 2023 lalu, di Sultra telah dibangun atau diperbaiki 22 ruas jalan yang menelan anggaran sebesar Rp632 miliar. Dari 22 ruas jalan ini terdapat dua ruas jalan di Kabupaten Muna Barat dengan total anggaran Rp42,4 miliar.

“Alhamdulillah, hari ini kita meresmikan Inpres Jalan Daerah yang berada di Kabupaten Muna Barat,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutannya.

Kata Jokowi, IJD ini bertujuan agar jalan-jalan daerah yang berada di kabupaten dan provinsi bagus dan mulus. Sehingga, apa yang menjadi transportasi masyarakat dapat baik dan distribusi logistik juga baik.

“Saya berharap IJD dapat memberikan manfaat dari pembangunan jalan ini. Memang masih ada beberapa ruas jalan yang belum baik, dan insyaallah akan dilanjutkan tahun 2024 ini,” ucapnya.

Jokowi menambahkan secara nasional tahun 2023 lalu, ia menganggarkan sekitar Rp14,6 triliun untuk perbaikan dan pembangunan jalan. Sedangkan, untuk tahun 2024, ia kembali menganggarkan untuk perbaikan dan pembangunan jalan melalui IJD ini.

“Untuk tahun 2024, kita anggarkan Rp15 triliun untuk perbaikan dan pembangunan jalan daerah. Kita harapkan semua jalan akan baik dan mulus, sehingga mobilitas orang, mobilitas logistik, dan semuanya menjadi bagus dan efisien,” tuturnya. (—)

Kontributor: Adin
Editor: Ilham Surahmin



google news sultratop.com
  • Bagikan