26 May 2024
Indeks

Politeknik Tridaya Virtu Morosi Gelar Pengenalan Lingkungan Kampus

  • Bagikan
Politeknik Tridaya Virtu Morosi mengawali tahun ajaran 2023/2024 dengan pelaksanaan masa pengenalan lingkungan kampus, Senin (21/8/2023). (Foto: Istimewa)

SULTRATOP.COM – Politeknik Tridaya Virtu Morosi mengawali tahun ajaran 2023/2024 dengan pelantikan mahasiswa baru serta pelaksanaan masa pengenalan lingkungan kampus, Senin (21/8/2023).

Masa pengenalan lingkungan kampus ini dilaksanakan selama 5 hari, 21-25 Agustus 2023. Para peserta didik tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Iklan Astra Honda Sultratop

Mengawali tahun ajaran perdana, Politeknik Tridaya Virtu Morosi menerima 120 mahasiswa di mana 90 persen mahasiswa merupakan penduduk asli Pulau Sulawesi. Selain itu, terdapat beberapa mahasiswa dari Pulau Jawa dan Sumatera.

Proses pendaftaran mahasiswa dilaksanakan 14 Maret sampai dengan 26 Mei 2023. Terdapat lebih dari 200 calon mahasiswa yang mendaftar.

Direktur Politeknik Tridaya Virtu Morosi Dr Yuliardi Erdani menyampaikan, bangsa Indonesia memiliki bonus demografi, suatu keadaan saat terjadi peningkatan penduduk pada usia produktif.

“Kita memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) yang cukup berlimpah untuk mengisi pembangunan nasional. Pertanyaannya adalah apakah kita bisa mengoptimalkan bonus demografi tersebut?” ungkap Yuliardi.

Yuliardi menambahkan, kemajuan industri smelter di Pulau Sulawesi sangat pesat. Generasi muda harus siap mengambil peran dalam mengisi pembangunan nasional untuk menjadi negara yang berdaulat, mandiri, dan berdaya saing.

“Kami berharap peserta didik mampu menjadi sosok muda yang cekatan, terampil, memiliki soft skill yang baik, serta siap menghadapi perubahan dan inovasi. Tentu memiliki daya tahan yang tinggi untuk dapat bersinergi dengan kemajuan bangsa,” ujar Yuliardi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Michelle Hamzah selaku perwakilan Yayasan Andrew Zhu dan Tony Zhou. Ia menyampaikan bahwa kehadiran politeknik merupakan salah satu solusi mewujudkan Indonesia cerdas dan maju.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu berdirinya politeknik ini. Tujuan yayasan adalah membentuk SDM yang unggul tidak hanya bekerja tapi juga ahli dalam mengoperasikan smelter,” kata Michelle.

Ia berpesan agar semua peserta didik menjadi lulusan yang unggul dan percaya bahwa dosen-dosen yang membina politeknik ini adalah akademisi yang berkualifikasi baik.

Tridaya Virtu Morosi merupakan politeknik yang digagas oleh Yayasan Andrew Zhu dan Tony Zhou, yang telah mendapatkan izin penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada Januari 2023 lalu.

Politeknik ini memiliki 3 program studi, yaitu Teknologi Listrik Industri Logam, Teknologi Metalurgi Industri Logam, dan Teknologi Sipil.

Politeknik Tridaya Virtu Morosi terletak di Kabupaten Konawe, Sultra, dan berkolaborasi bersama PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) dalam rencana penyaluran lulusan prodi di kemudian hari. (—-)

  • Bagikan